Ini 5 Atlet Indonesia yang Sukses Amankan Tiket Olimpiade Paris 2024

Sederet nama atlet Indonesia seperti Arif Dwi Pagestu, Rahmad Adi Mulyono dan Rifda Irfanaluthfi masuk dalam daftar atlet Indonesia yang akan berlaga pada ajang Olimpiade Paris 2024.

Sejumlah atlet Indonesia sukses amankan tiket Olimpiade Paris 2024. Sepanjang 2023, sudah ada lima atlet Indonesia yang berhasil lolos mengamankan tiket pada ajang olahraga terbesar Oimpiade Paris itu.

Olimpiade Paris sendiri akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 di Paris, Prancis. Sejumlah atlet dari seluruh dunia berlomba untuk memperebutkan tiket pada turnamen terbesar olahraga empat tahunan itu, tak terkecuali atlet Indonesia.

Sepanjang 2023, lima atlet Indonesia sudah dipastikan akan berpartisipasi pada kejuaran olahraga dunia, Olimpiade Paris 2024. Sederet nama atlet Indonesia seperti Arif Dwi Pagestu, Rahmad Adi Mulyono dan Rifda Irfanaluthfi masuk dalam daftar atlet Indonesia yang akan berlaga pada ajang Olimpiade Paris 2024.

Daftar 5 Atlet Indonesia Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

1. Arif Dwi Pagestu

 

Atlet panahan putra Indonesia, Arif Dwi Pangestu berhasil menyegel tiket Olimpiade Paris 2024. (Foto: Dok. Indonesiaarchery)
Atlet panahan putra Indonesia, Arif Dwi Pangestu berhasil menyegel tiket Olimpiade Paris 2024. (Foto: Dok. Indonesiaarchery)

Arif Dwi Pangestu berhasil menyegel satu tiket Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga panahan. Tiket Olimpiade Paris 2024 diraih atlet panahan putra Indonesia, Arif Dwi Pangestu usai lolos di World Archery Championship 2023 di Berlin, Jerman yang digelar sejak 31 Juli hingga 6 Agustus 2023.

Dalam ajang itu, Arif Dwi Pangestu berhasil mengalahkan juara dunia asal Korea Selatan, Kim Woo Jin. Kim Woo Jin sendiri merupakan atlet panahan putra asal Korea Selatan yang juga juara bertahan World Archery Championships.

Dalam kejuaraan World Archery Championships, ia sudah tiga kali menjadi juara dunia yaitu pada 2011, 2015 dan 2021. Meski demikian, Arif Dwi Pangestu sukses menaklukan juara bertahan itu dengan skor 6-5.

2. Diananda Choirunisa

Atlet panahan putri Indonesia, Diananda Choirunisa sukses mengamankan tiket menuju Olimpiade Paris 2024. (Foto: Indonesiaarchery)
Atlet panahan putri Indonesia, Diananda Choirunisa sukses mengamankan tiket menuju Olimpiade Paris 2024. (Foto: Indonesiaarchery)

Atlet panahan putri, Diananda Choirunisa sukses mengamankan tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Ia merupakan perwakilan atlet kedua dari cabang olahraga panahan. Diananda berhasil mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 usai meraih mendali perunggu Asian Games 2022 Hangzhou pada nomor mixed team recurve.

Dalam cabang olahraga panahan, atlet berusia 26 tahun itu sudah mengikuti berbagai kejuaraan dan meraih sejumlah prestasi. Pada ajang olahraga SEA Games 2013 dan 2017, Diananda Choirunisa berhasil meraih medali emas. Tak hanya itu, ia juga sukses meraih medali perak pada Asian Games 2018.

Baca Juga:  Sukses Pecahkan Rekor Nasional di IOAC 2023, Atlet Renang Joe Aditya Berambisi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Selain pada Asian Games, ia juga berpartisipasi dalam mixed team Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Panahan 2018 di Shanghai. Dalam kejuaran itu, Diananda berhasil meraih medali perunggu.

3. Rifda Irfanaluthfi

 

Rifda Irfanaluthfi, atlet senam artistik Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram @rifda_irfanaluthf)
Rifda Irfanaluthfi, atlet senam artistik Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram @rifda_irfanaluthf)

Rifda Irfanaluthfi mencatatkan sejarah baru pada ajang Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil lolos menjadi wakil Indonesia pada ajang olahraga terbesar, Olimpiade Paris 2024. Rifda menjadi pesenam pertama Indonesia yang akan tampil pada ajang Olimpiade.

Sebelumnya, belum ada pesenam Indonesia yang berhasil lolos ke ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. Rifda berhasil mendapatkan tiket ke ajang olimpiade usai tampil pada kejuaraan senam Dunia 2023 di Antwerp, Belgia pada 30 September hingga 8 Oktober 2023.

Pada ajang senam itu, Rifda berhasil menempati peringkat ke-52 di nomor all around putri dengan total nilai 49,932 poin. Meski demikian, berdasarkan regulasi yang ada, pesenam yang lolos ke Olimpiade hanya mereka yang menghuni peringkat 14 besar dalam perhitungan keseluruhan.

Sementara itu, peringkat 14 besar tersebut tidak termasuk 12 negara yang sudah memastikan pesenamnya  lolos pada nomor beregu. Berbeda dengan Rifda Irfanaluthfi, ia berhasil mendapat keuntungan dari realokasi kuota dari tuan rumah Perancis yang sudah mendapatkan tiket melalui nomor beregu putri.

4. Desak Made Rita Kusuma Dewi

Atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi raih tiket Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram @desakmaderita01)
Atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi raih tiket Olimpiade Paris 2024. (Foto: Instagram @desakmaderita01)

Atlet panjat tebing, Desak Made Rita Kusuma Dewi menjadi atlet berikutnya yang sukses mengamankan Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil mengantogi tiket olimpiade usai berpartisipasi pada kejuaran panjat tebing.

Pada kejuaraan panjat tebing IFSC Climbing World Championships 2023 yang berlangsung di Bern, Swiss pada Agustus lalu, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil meraih medali emas nomor speed putri setelah mencatatkan waktu 6,49 detik.

Baca Juga:  Ni Kadek Hani Raih Medali Emas di Combaxx Asian Open Taekwondo Championship 2023

Dalam kejuaran Panjang tebing tersebut, Atlet panjat tebing Indonesia sukses mengalahkan atlet panjat tebing asal Amerika, Emma Hunt di final dengan gap 0,18 detik.

5. Rahmad Adi Mulyono

 

Rahmad Adi Mulyono raih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. (Foto: Hendra Nurdiansyah)
Rahmad Adi Mulyono raih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. (Foto: Hendra Nurdiansyah)

Rahmad Adi Mulyono raih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil mengamankan satu tiket menuju Olimpiade 2024 usai menaklukkan rekan satu negaranya, Kiromal Katibin di babak final kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Lot 11 Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu, 12 November 2023.

Dalam kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 tersebut Rahmad Adi Mulyono berhasil menunjukkan kemampuannya dalam ketogori nomor speed. Pada turnamen panjat tebing itu, Rahmad berhasil melewati babak kualifikasi yang melibatkan 24 atlet putra dan 16 atlet putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA