Aturan Rotasi dan Servis Dalam Bola Voli

Berikut ini adalah penjelasan mengenai rotasi dan servis dalam bola voli dalam ruangan.

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang semakin populer di seluruh dunia. Dalam permainan ini, setiap pemain memiliki kesempatan untuk melakukan servis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai aturan rotasi dan servis dalam bola voli dalam ruangan.

Apakah Semua Pemain Melakukan Servis dalam Bola Voli?

Ya, semua pemain bola voli mendapat kesempatan untuk melakukan servis selama pertandingan berlangsung. Servis adalah elemen penting dalam permainan dan setiap pemain memiliki giliran untuk melakukannya sesuai dengan urutan rotasi yang telah ditentukan.

Urutan Servis dalam Permainan Bola Voli

Sebelum pertandingan dimulai, pelatih menyerahkan urutan servis dan susunan pemain kepada wasit. Ketika pertandingan dimulai, pemain dari kedua tim berbaris dalam posisi rotasi yang benar. Pemain yang akan melakukan servis pertama bersiap di belakang garis akhir lapangan.

Selama pertandingan, para pemain bergiliran melakukan servis sesuai dengan urutan rotasi mereka. Pemain selalu melakukan servis dari mana saja di belakang garis akhir, memastikan bola melewati net ke area lawan.

Apa Itu Rotasi Pemain Bola Voli indoor?

Rotasi dan Urutan

Pemain bola voli memulai setiap reli dengan posisi rotasi yang sama, baik saat tim mereka melakukan servis maupun saat tim lawan yang melakukan servis. Ketika sebuah tim memenangkan kembali servisnya, atau yang biasa disebut “sideout”, pemain melakukan rotasi. Artinya, setiap pemain bergerak satu posisi searah jarum jam di lapangan.

Sebagai contoh, pemain yang berada di posisi #2 berpindah ke posisi #1 dan menjadi server baru. Pemain di posisi #4 dan #3 bergerak satu posisi ke kanan. Pemain di posisi #5 maju ke posisi #4, dan pemain di posisi #1 dan #6 bergeser satu posisi ke kiri.

Baca Juga:  3 Libero Terkenal dalam Bola Voli

Server baru akan terus melakukan servis hingga timnya kehilangan satu poin. Ketika ini terjadi, servis diberikan kepada tim lawan, yang juga akan melakukan rotasi searah jarum jam sebelum server baru memulai reli berikutnya.

Posisi Server dalam Rotasi

Secara teknis, seorang server bola voli berdiri di posisi #1, yang berada di pojok kanan belakang lapangan. Namun, server tidak berdiri di dalam batas lapangan, melainkan mereka melakukan servis dari area di belakang garis akhir. M

eskipun demikian, semua aturan rotasi tetap berlaku untuk tim penerima. Artinya, pemain yang baru saja selesai melakukan servis akan kembali ke lapangan dan mengambil posisi #1 di pojok kanan belakang.

Pelanggaran Rotasi

Pemain bola voli harus melakukan servis sesuai dengan urutan yang benar, yaitu dari posisi #1 hingga #6 sesuai dengan susunan pemain awal. Jika terjadi kesalahan dalam posisi rotasi atau urutan servis, tim tersebut akan dikenakan pelanggaran rotasi. Akibatnya, tim tersebut akan kehilangan satu poin dan servisnya akan diberikan kepada tim lawan.

Dengan memahami aturan rotasi dan servis, pemain dapat bermain bola voli dengan lebih efektif dan menghindari kesalahan yang dapat merugikan tim. Servis yang baik dan rotasi yang tepat adalah kunci untuk meraih kemenangan dalam permainan bola voli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU