Raih Gelar Juara Panjat Tebing, Rahmad Amankan 1 Tiket Menuju Olimpiade 2024

Panjat tebing Indonesia telah mengantongi dua tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Selain Rahmat yang berhasil merebut gelar juara pada kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023, juga ada Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Rahmad Adi Mulyono raih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil mengamankan satu tiket menuju Olimpiade 2024 usai menaklukkan rekan satu negaranya, Kiromal Katibin di babak final kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Lot 11 Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu, 12 November 2023.

Dalam kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 tersebut Rahmad Adi Mulyono berhasil menunjukkan kemampuannya dalam ketogori nomor speed. Pada turnamen panjat tebing itu, Rahmad berhasil melewati babak kualifikasi yang melibatkan 24 atlet putra dan 16 atlet putri.

Semua atlet tersebut bertanding dua kali dengan rute yang berbeda. Setelah itu, terpilihlah 16 atlet putra dan delapan atlet putri untuk melanjutkan tantangan kecepatan di babak final. Dalam kategori putra, semua atlet Indonesia yang berkompetisi di ketegori nomor speed lolos ke babak final. Tiga atlet tersebut adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono.

Rahmad berhasil mengatasi perlawanan atlet lain pada babak final, termasuk mengalahkan pemegang rekor dunia kategori speed panjat tebing, Veddriq Leonardo di babak semifinal. Usai menang di babak semifinal melawan Veddriq Leonardo, Ia berhadapan dengan Kiromal Katibin yang berhasil mengatasi rintangan dari atlet Jepang, Ryo Omasa.

Sayangnya, dalam pertandingan final yang mempertemukan dua atlet Indonesia itu, Katibin mengalami kendala. Ia terpeleset saat sedang melakukan aksi panjatnya. Alhasil, Rahmad berhasil mencapai puncak terlebih dulu.

Menuju Olimpiade 2024

Rahmad akhirnya mengantogi gelar juara dengan catatan waktu 5,35 detik. Kemenangan ini juga memberinya satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024 mendatang. Sementara itu, pada kategori putri, tiga atlet Indonesia juga berhasil mencapai babak final. Atlet tersebut adalah Mutia Amanda Narda, Nurul Iqomah dan Rajiah Sallsabillah.

Baca Juga:  MotoGP: Fabio Quartararo Tampil Menjajikan di Sesi Warm UP

Meski ketiganya berhasil melaju ke babak final, namun hanya Rajiah Sallsabillah yang berhasil meraih juara ketiga. Rajiah berhasil meraih posisi ketiga setelah mengalahkan rekannya sendiri, Nurul Iqomah.

Kedua atlet panjat tebing Indonesia itu bertemu untuk memperebutkan posisi ketiga usai kalah dari atlet China dan Korea. Pemenang utama dari kategori ini adalah atlet China, Deng Lijuan. Ia berhasil mewakili Asia di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Dengan hasil ini, panjat tebing Indonesia telah mengantongi dua tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Selain Rahmat yang berhasil merebut gelar juara pada kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023, juga ada Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Desak Made Rita Kusuma Dewi juga telah memastikan tiketnya setelah menjadi juara pada kejuaraan dunia panjat tebing IFSC di Bern, Swiss pada bulan Agustus lalu. Dalam pertandingan tersebut, Desak Made Rita Kusuma Dewi mencatat waktu 6,49 detik. Ia berhasil mengalahkan Emma Hunt dari Amerika Serikat yang mencatat waktu 6,67 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA