Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Pertama Indonesia yang Lolos ke Olimpiade 2024

Rifda Irfanaluthfi berhasil meraih prestasi pada World Cup Cairo 2023. Dalam kejuaraan itu, ia berhasil meraih medali perunggu pada kategoti senam lantai.

Rifda Irfanaluthfi mencatatkan sejarah baru pada ajang Olimpiade Paris 2024. Ia berhasil lolos menjadi wakil Indonesia pada ajang olahraga terbesar, Olimpiade Paris 2024. Rifda menjadi pesenam pertama Indonesia yang akan tampil pada ajang Olimpiade.

Sebelumnya, belum ada pesenam Indonesia yang berhasil lolos ke ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. Rifda berhasil mendapatkan tiket ke ajang olimpiade usai tampil pada kejuaraan senam Dunia 2023 di Antwerp, Belgia pada 30 September hingga 8 Oktober 2023.

Pada ajang senam itu, Rifda berhasil menempati peringkat ke-52 di nomor all around putri dengan total nilai 49,932 poin. Meski demikian, berdasarkan regulasi yang ada, pesenam yang lolos ke Olimpiade hanya mereka yang menghuni peringkat 14 besar dalam perhitungan keseluruhan.

Sementara itu, peringkat 14 besar tersebut tidak termasuk 12 negara yang sudah memastikan pesenamnya  lolos pada nomor beregu. Berbeda dengan Rifda Irfanaluthfi, ia berhasil mendapat keuntungan dari realokasi kuota dari tuan rumah Perancis yang sudah mendapatkan tiket melalui nomor beregu putri.

Perjalanan Karier Rifda Irfanaluthfi

Rifda Irfanaluthfi adalah seorang atlet senam artistik Indonesia. Berbagai prestasi sudah ia raih. Tak hanya dalam kompetisi dalam negeri tapi juga luar negeri. Salah satu prestasi terbaiknya adalah meraih medali emas di nomor all around putri pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Selain itu, atlet senam kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1999 itu juga pernah meraih medali perak dan perunggu pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Dalam dunia senam, nama Rifda cukup diperhitungkan.

Rifda Irfanaluthfi merupakan atlet senam berbakat yang telah bergelut di dunia senam sejak usia lima tahun. Rifda memulai debut internasionalnya dengan mengikuti kejuaraan senam di Doha, Qatar pada 25 Maret 2015.

Baca Juga:  Klasemen Asian Para Games Kamis (26/10), Indonesia Borong 7 Emas di Cabor Catur

Meski sempat gagal, namun ia tak menyerah. Pada tahun yang sama, ia kembali mengikuti kejuaraan SEA Games di Singapura. Pada kejuaraan itu, ia berhasil meraih medali perak di nomor senam lantai. Selain itu, ia juga menjadi satu-satunya pesenam Indonesia yang mendapatkan medali di ajang SEA Games tersebut.

Sementara pada 2023, ia kembali meraih prestasi pada World Cup Cairo 2023. Dalam kejuaraan itu, ia berhasil meraih medali perunggu pada kategoti senam lantai. Berikut beberapa prestasi yang pernah diraih Rifda Irfanaluthfi dalam kejuaraan senam.

Prestasi

  • Medali emas PON Remaja 2014
  • Medali perak SEA Games 2015
  • Medali Emas PON 2016
  • Medali emas SEA Games 2017, 2019, 2021
  • Medali perak Asian Games 2018
  • Medali perak World Challenge Cup 2018
  • Medali Perunggu World Cup Cairo 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA