Apa Itu Pertandingan Persahabatan Dalam Sepak Bola?

Dalam sepak bola, istilah 'persahabatan' digunakan untuk menggambarkan pertandingan antara dua tim yang bukan bagian dari kompetisi atau turnamen formal dan terorganisir apa pun.

Pertandingan sepak bola persahabatan adalah pertandingan nonkompetitif, artinya hasilnya tidak mempengaruhi peringkat liga atau turnamen, dan tidak ada hadiah uang bagi pemenang.

Namun, aturan pertandingan persahabatan sama dengan sepak bola kompetitif; satu-satunya perbedaan mungkin adalah jumlah pergantian pemain yang diizinkan.

Disebut “pertandingan persahabatan” karena hasilnya tidak mempengaruhi klasemen liga, sehingga intensitas, fisik, dan tempo pertandingan sering kali lebih rendah dibandingkan dengan pertandingan kompetitif.

Biasanya, atmosfer pertandingan persahabatan lebih santai dan jarang terlihat pemain melakukan tekel keras, diusir wasit, atau terlibat konflik serius dengan ofisial atau pemain lawan.

Meskipun demikian, pertandingan persahabatan tetap bisa dimainkan dengan tempo tinggi dan menampilkan kualitas teknis yang hebat, meskipun hasilnya tidak dihitung secara resmi.

Pertandingan ini memberikan kesempatan bagi para pemain untuk menjaga kebugaran, menunjukkan dedikasi dan etos kerja, serta membuktikan nilai mereka bagi tim. Sementara itu, pelatih menggunakan pertandingan persahabatan untuk menyusun susunan pemain terbaik dan mencoba taktik serta strategi baru. Inilah beberapa alasan mengapa pertandingan persahabatan diadakan.

Tujuan Pertandingan Persahabatan Sepak Bola

Sering kali, pertandingan sepak bola persahabatan, yang juga dikenal sebagai pertandingan eksibisi, berlangsung di luar musim sepak bola standar. Musim liga domestik reguler, seperti Liga Primer, Major League Soccer, atau J-League, berlangsung pada waktu yang berbeda sepanjang tahun karena perbedaan musim di berbagai belahan dunia.

Oleh karena itu, pertandingan persahabatan klub biasanya berlangsung di luar periode musim reguler ini. Misalnya, klub-klub Inggris biasanya memanfaatkan musim panas (Juni-Agustus) untuk mengunjungi negara asing dan bermain melawan tim-tim yang biasanya tidak mereka hadapi. Contoh yang baik adalah tur AS AFC Wrexham 2023.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Logo Liverpool

Tujuan utama pertandingan persahabatan adalah untuk membangun kebugaran dan performa pemain selama jeda musim. Sebagian besar pertandingan persahabatan yang berlangsung di seluruh dunia setiap tahun adalah pertandingan pramusim yang dirancang untuk membantu pemain kembali ke performa terbaik dan memberi pelatih kesempatan untuk mengintegrasikan pemain baru ke dalam tim serta memberikan waktu bermain bagi pemain muda.

Terkadang, pertandingan eksibisi diatur menjadi turnamen persahabatan pramusim seperti Piala Emirates, namun biasanya pertandingan ini hanya satu kali saja.

Pertandingan persahabatan juga dapat berlangsung selama jeda pertengahan musim untuk menjaga kebugaran pemain, terutama jika mereka bermain di divisi yang memiliki jeda musim di tengah kompetisi, seperti Liga Premier Ukraina.

Tidak hanya klub domestik yang memainkan pertandingan persahabatan secara rutin. Bahkan, di tingkat internasional, pertandingan persahabatan memiliki peran yang sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU