Perbedaan Antara Voli Pantai dan Voli Dalam Ruangan (Indoor)

Ada beberapa perbedaan penting antara voli pantai dan voli dalam ruangan. Berikut ringkasan singkatnya.

Ketika bola voli berpindah ke pantai, tidak hanya lokasinya yang berubah. Para pemain masih berusaha memukul bola melewati net, dan pukulan, set, blok, serta spike tetap menjadi bagian penting dari permainan di kedua jenis lapangan.

Namun, ada beberapa perbedaan penting antara voli pantai dan voli dalam ruangan. Berikut ringkasan singkatnya.

Jumlah Pemain

  • Voli Pantai: Tim hanya terdiri dari dua pemain, sering disebut sebagai “pasangan” atau “ganda”. Mereka bebas bergerak di mana saja saat melakukan servis atau menerima bola, dan tidak ada pergantian pemain.
  • Voli Dalam Ruangan: Tim menggunakan enam pemain di lapangan, dengan setiap pemain memainkan posisi tertentu. Tim juga memiliki pemain pengganti di bangku cadangan.

Ukuran Lapangan

  • Voli Pantai: Lapangan lebih kecil, berukuran 16 meter kali 8 meter (sekitar 52,5 kaki kali 26,25 kaki), lebih sempit dua meter dan lebih pendek satu meter dari lapangan dalam ruangan.
  • Voli Dalam Ruangan: Lapangan berukuran 18 meter kali 9 meter (sekitar 59 kaki kali 29,5 kaki).

Garis 3 Meter

  • Voli Dalam Ruangan: Lapangan memiliki garis 3 meter (garis 10 kaki di AS). Pemain baris belakang harus melompat dari belakang garis tersebut untuk melakukan serangan, dan libero tidak boleh melakukan set dengan tangan di depan garis.
  • Voli Pantai: Hanya memiliki batas luar, dan pemain bisa memukul dari mana saja di lapangan.

Durasi Permainan

  • Voli Pantai: Tim harus memenangkan dua set, dengan dua set pertama berakhir ketika tim mencapai 21 poin (bukan 25 seperti dalam ruangan). Jika ada set ketiga, dimainkan hingga 15 poin. Tim harus menang dengan selisih dua poin di setiap set.
  • Voli Dalam Ruangan: Pertandingan umumnya adalah terbaik dari lima set, dengan setiap set dimainkan hingga 25 poin, kecuali set kelima yang dimainkan hingga 15 poin.
Baca Juga:  Peralatan Tenis Lapangan: Apa yang Dibutuhkan untuk Bermain?

Perpindahan Sisi Lapangan

  • Voli Pantai: Tim berpindah sisi setiap tujuh poin untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang bisa mempengaruhi permainan.
  • Voli Dalam Ruangan: Tim hanya berpindah sisi setelah setiap set atau setelah mencapai delapan poin di set kelima (jika diperlukan).

Teknik dan Aturan Servis

  • Voli Pantai: Pemain tidak boleh menggunakan ujung jari tangan terbuka untuk mengetuk atau mencelupkan bola. Hanya telapak tangan, buku jari, tumit tangan, atau jari yang kaku dan terkunci yang diperbolehkan.
  • Voli Dalam Ruangan: Sentuhan ganda pada bola pertama diperbolehkan. Banyak kontak tidak diperbolehkan di pantai.

Aturan Pakaian

  • Voli Dalam Ruangan: Pemain memakai sepatu, celana pendek atau spandeks, dan atasan.
  • Voli Pantai: Pemain biasanya bermain tanpa alas kaki atau dengan kaus kaki pasir. Mereka mengenakan celana pendek dan tank top, atau bikini olahraga untuk menghindari pasir masuk ke dalam pakaian.

Peraturan Tambahan

  1. Pemain pantai dapat melangkah ke sisi lapangan lawan untuk mengambil bola, asalkan tidak mengganggu pemain lawan dan mengembalikan bola ke sisi net mereka sendiri. Pemain dalam ruangan tidak boleh melewati garis tengah.
  2. Server dalam ruangan memiliki waktu delapan detik setelah peluit wasit untuk memainkan bola, sedangkan pemain pantai hanya memiliki lima detik.
  3. Bola voli pantai sedikit lebih besar dan lebih lembut dibandingkan bola voli dalam ruangan. Jaring voli pantai juga lebih tebal untuk menahan kondisi luar ruangan.
  4. Pelatih dalam ruangan bisa memberikan instruksi selama pertandingan dan meminta waktu tunggu kapan saja. Pelatih voli pantai tidak bisa melatih selama set dan tidak bisa meminta waktu tunggu, seringkali mereka harus mengelola beberapa tim secara bersamaan dalam sebuah turnamen.
Baca Juga:  Profil dan Biodata Park Hye-min, Partner Megawati Bernomor 10

Dengan perbedaan-perbedaan ini, voli pantai dan voli dalam ruangan menawarkan tantangan dan keseruan masing-masing bagi pemain dan penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU