Ini Urutan Tingkat Sabuk Judo dan Pengertiannya

Judo, berasal dari Jepang, adalah bentuk olahraga yang integral dalam seni bela diri. Pada masa lalu, olahraga ini lebih dikenal dengan istilah jujutsu.

Tingkat Sabuk Judo. Dalam bela diri ini, hanya menggunakan tangan kosong tanpa melibatkan alat apapun. Judo diciptakan pada tahun 1882 silam oleh seorang tokoh Jepang, yaitu Kano Jigoro.

Seiring dengan evolusi waktu, Jujutsu dan Judo kemudian dibedakan berdasarkan gaya pergerakan. Jujutsu menitikberatkan pada lemparan, pukulan, serta tendangan, bahkan memperbolehkan penggunaan senjata pendek. Sementara itu, Judo difokuskan untuk menghindari serangan dan menekankan pada teknik membanting.

Individu yang mendalami olahraga ini dikenal sebagai Judoka atau Pejudo. Dengan pengembangan keterampilan dan pengetahuan dalam Judo, seseorang dapat mengukuhkan diri sebagai seorang praktisi yang kompeten dalam seni bela diri ini.

Sistem Tingkatan Sabuk Judo untuk Remaja di Bawah 16 Tahun

Jika Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan Judo, perlu diketahui bahwa awalnya, semua pejudo pemula akan menerima sabuk berwarna putih. Ini merupakan langkah awal yang umumnya diberikan kepada semua anggota baru dalam rangka memulai perjalanan mereka dalam Judo. Seiring dengan kemajuan dan pencapaian tingkat keterampilan tertentu, warna sabuk tersebut akan berubah.

Berikut adalah sistem tingkatan sabuk Judo untuk remaja dengan usia di bawah 16 tahun:

  • Kyu-5: Sabuk berwarna kuning
  • Kyu-4: Sabuk berwarna orange
  • Kyu-3: Sabuk berwarna hijau
  • Kyu-2: Sabuk berwarna biru
  • Kyu-1: Sabuk berwarna coklat

Setiap tingkat kyu mencerminkan tingkat kemahiran yang semakin meningkat, dan pergantian warna sabuk adalah simbol dari dedikasi dan perbaikan yang terus-menerus dalam latihan Judo. Ini juga menciptakan semangat kompetitif dan rasa pencapaian bagi para remaja yang terlibat dalam olahraga ini.

Sistem Tingkatan Sabuk Judo untuk Taruna dan Orang Dewasa (Pria 16-20 tahun, Wanita 16-19 tahun)

Bagi taruna dan orang dewasa dalam rentang usia tertentu, sistem tingkatan sabuk Judo mencerminkan tingkat keterampilan yang semakin meningkat. Berikut adalah tingkatan sabuk yang diberikan:

  • Kyu-5 sampai Kyu-4: Sabuk berwarna biru
  • Kyu-3 sampai Kyu-1: Sabuk berwarna coklat
  • Kyu-1 sampai Dan-5: Sabuk hitam
  • Dan-6 sampai Dan-8: Sabuk merah putih/hitam
  • Dan-9 sampai Dan-10: Sabuk merah atau hitam
Baca Juga:  Arti dan Sejarah Logo Real Madrid

Transisi dari sabuk biru ke sabuk coklat menunjukkan tingkat kemahiran yang semakin tinggi, sedangkan sabuk hitam adalah simbol prestasi dan penguasaan yang lebih mendalam terhadap seni Judo.

Tingkat Dan kemudian memperlihatkan tingkat keterampilan yang sangat tinggi, dengan sabuk merah putih/hitam dan sabuk merah/hitam sebagai penanda prestasi tertinggi dalam dunia Judo. Sistem ini menciptakan langkah-langkah pencapaian yang jelas bagi taruna dan orang dewasa yang terlibat dalam pengembangan keterampilan Judo mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA