Peralatan Tenis Lapangan: Apa yang Dibutuhkan untuk Bermain?

Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan beberapa peralatan penting untuk bermain dengan baik. Selain raket, bola, dan sepatu, masih ada beberapa perlengkapan yang dapat menunjang permainan tenis lapangan.

Peralatan tenis lapangan. Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan keterampilan, kecepatan, dan ketahanan fisik. Dalam permainan ini, dua pemain atau dua pasangan masing-masing menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tujuan permainan adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan beberapa peralatan penting untuk bermain dengan baik. Selain raket, bola, dan sepatu, masih ada beberapa perlengkapan yang dapat menunjang permainan tenis lapangan. Berikut uraian lengkap peralatan tenis lapangan.

Raket Tenis

Raket tenis lapangan tidak sama dengan raket untuk permainan badminton. Ukuran standar raket tenis adalah 69-71 cm, namun beberapa petenis menggunakan raket berukuran lebih panjang yakni 74 cm. Mayoritas raket tenis dibuat menggunakan bahan kayu berbentuk oval pada bagian kepalanya.

Lapangan Tenis

Lapangan yang digunakan untuk kejuaraan tenis memiliki ukuran yang sesuai standar Pelti dan ITF. Lapangan terbagi menjadi tiga macam, yaitu lapangan keras, lapangan rumput, dan lapangan tanah liat (clay).

Bola Tenis

Bola tenis adalah bola yang terbuat dari bahan karet dan dilapisi kain khusus berbahan nilon atau wol. Bola tenis memiliki spesifikasi seperti ukuran garis tengah 63,50-66,77 mm, berat 56,70-58-48 gram, tinggi pantulan ketika dijatuhkan dari jarak 450 mm 1.356-1.473 mm, dan permukaan bola harus licin dan tidak boleh terdapat jahitan.

Net Tenis

Net yang digunakan untuk permainan tenis terbuat dari benang. Net tenis lapangan umumnya berwarna hijau tua atau hitam. Ukuran net tenis lapangan adalah sebagai berikut: tinggi penyangga 106,7 cm, tinggi net 91,4 cm, dan jarak dari garis samping lapangan 91,4 cm.

Seragam Tenis Lapangan

Baca Juga:  Satu Tim Dalam Permainan Bola Basket Terdiri Atas?

Ketika bermain tenis lapangan, sebaiknya menggunakan seragam khusus. Seragam ini biasanya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

Sepatu Tenis Lapangan

Untuk memudahkan langkah ketika bermain tenis lapangan, gunakanlah sepatu yang memiliki grip kuat.

Dalam artikel ini, kita telah membahas peralatan yang diperlukan dalam tenis lapangan. Dengan memahami peralatan yang diperlukan, Anda dapat lebih mudah bermain tenis lapangan dan meningkatkan kemampuan Anda dalam bermain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU