Apa Saja Posisi dan Peran dalam Bola Voli?

Pelajari posisi dan peran pemain bola voli. Ini akan membantu Anda melacak pertandingan selama Olimpiade Paris musim panas ini.

Meskipun permainan bola voli dapat terlihat seperti kekacauan yang terorganisir bagi pengamat kasual, setiap pemain dalam tim bola voli memiliki peran spesifik untuk membantu mencetak poin selama pertandingan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengenal posisi dan peran pemain bola voli saat kita menuju Olimpiade Paris pada bulan Juli.

Jelajahi permainan bola voli indoor dan pantai sehingga Anda dapat terbiasa dengan aksi di lapangan dan mengembangkan pengetahuan tentang detail permainan yang lebih mendalam. Bola voli pantai berevolusi dari bola voli indoor, dan setiap tim memerlukan keterampilan yang sama untuk bersaing secara head-to-head dengan tim dan pemain elit di seluruh dunia.

Posisi dan Peran dalam Bola Voli Indoor

Ada tujuh pemain dalam tim bola voli indoor. Kebanyakan orang yang pernah bermain bola voli untuk bersenang-senang di sekolah atau dalam kelas pendidikan jasmani memahami dasar-dasarnya, tetapi dalam permainan rekreasi tersebut, kecil kemungkinan mereka pernah menemui pemain yang berspesialisasi dalam peran tertentu.

Memahami peran dan posisi khusus membuat bola voli kompetitif tampak seperti permainan yang benar-benar berbeda, lebih rumit, dan terkoordinasi. Mari kita lihat peran dan posisi individu dalam bola voli indoor.

Setter

Seter adalah pemain yang menyiapkan tembakan untuk pemukul agar memukul bola ke lapangan lawan. Anda sering melihat mereka mengambil tembakan kedua dan menempatkan bola tepat di depan pemukul, memberikan sudut sempurna bagi mereka untuk melakukan spike. Setter adalah pengambil keputusan dalam tim dan memimpin mereka saat bermain ofensif.

Outside Hitter

Outside hitter memukul dan memblokir di sisi kiri garis depan. Outside hitter biasanya menerima set terbanyak karena lengan kanan dominan mereka berada di sisi rekan setimnya, dan mereka umumnya adalah pemain tertinggi dan terkuat dalam tim. Tanggung jawab mereka termasuk memukul dari baris depan atau belakang, bermain pertahanan tengah-belakang, dan memblokir.

Baca Juga:  Apa Itu Libero dalam Bola Voli?

Opposite Hitter

Opposite hitter bermain dari sisi kanan lapangan, dan nama mereka berasal dari posisi yang berlawanan dengan outside hitter yang kuat. Mereka memiliki peran utama yang sama dengan outside hitter, yaitu memukul dari baris depan dan belakang, melakukan passing, dan bermain pertahanan. Peran mereka juga termasuk memblokir outside hitter tim lawan.

Middle Blocker

Middle blocker biasanya adalah beberapa anggota tercepat dan paling gesit dalam tim bola voli. Mereka juga merupakan pemblokir terbaik dan berpartisipasi dalam set cepat dari tengah lapangan di belakang setter.

Libero

Libero menonjol karena mereka mengenakan jersey berwarna berbeda dan bermain di baris belakang selama lima dari enam rotasi, biasanya menggantikan salah satu dari dua middle blocker.

Libero adalah spesialis bertahan yang cepat dan gesit serta mampu mengembalikan bola yang mungkin terlewatkan oleh pemain lain. Mereka biasanya bermain dari garis belakang dan hanya dapat mengatur rekan setim di baris depan dari belakang garis 10 kaki.

Defensive Specialist

Defensive specialist memainkan peran yang sama seperti libero, mengembalikan dan mengatur bola yang bergerak cepat. Mereka mengenakan jersey berwarna sama dengan tim lainnya dan harus mengikuti aturan pergantian normal. Mereka bermain selama tiga dari enam rotasi.

Serving Specialist

Pemain ini berputar masuk hanya karena mereka memiliki servis yang sangat sulit untuk dikembalikan atau konsisten. Mereka biasanya masuk untuk pemain yang kurang kuat di belakang garis servis tetapi berharga untuk tetap berada di lapangan.

Posisi dan Peran dalam Bola Voli Pantai

Karena hanya ada dua pemain per sisi dalam bola voli pantai, masing-masing pemain harus terampil dalam memblokir dan bertahan, meskipun biasanya pemain yang lebih tinggi dalam tim ditempatkan di net untuk memblokir tembakan tim lain, dan pemain yang lebih gesit bermain di barisan belakang untuk mempertahankan tembakan tim lain.

Baca Juga:  Jangan Keliru! Ini Perbedaan Gym dan Fitness yang Perlu Diketahui

Komunikasi sangat penting dalam bola voli pantai. Kedua pemain yang menyelam untuk bola dapat menyebabkan cedera atau meninggalkan sisa lapangan terbuka lebar. Pemain yang memiliki banyak pengalaman bermain sebagai tim dapat mengetahui gerakan masing-masing dengan baik sehingga mereka dapat secara naluriah memblokir, bertahan, dan memberikan set untuk satu sama lain.

Urutan Kejadian untuk Mencetak Poin Bola Voli

Salah satu aspek paling menarik dari menyaksikan tim bola voli berbakat beraksi adalah mengamati cara mereka mengatur upaya mencetak poin.

Pemain bertahan biasanya menghentikan servis dengan pengembalian lembut ke setter atau middle blocker. Mereka, pada gilirannya, akan menciptakan sudut sempurna untuk outside atau opposite hitter agar mencapai dan melakukan spike ke lapangan lawan.

Menggunakan ketiga tembakan yang diizinkan adalah cara sempurna untuk memperlambat permainan dan memungkinkan pemain cepat mendapatkan posisi yang benar untuk mencetak poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU