Teknik Dasar Tenis Lapangan: Memenangkan Pertandingan dengan Teknik yang Benar

Teknik pertama yang perlu diperhatikan adalah memegang raket. Grip adalah cara memegang raket yang tepat dan mempengaruhi kontrol, tenaga, dan arah pukulan.

Teknik dasar tenis lapangan. Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan teknik dan strategi yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas teknik dasar tenis lapangan yang perlu dipelajari untuk memenangkan pertandingan.

Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik pertama yang perlu diperhatikan adalah memegang raket. Grip adalah cara memegang raket yang tepat dan mempengaruhi kontrol, tenaga, dan arah pukulan. Ada tiga jenis grip yang umum digunakan, yaitu:

  • Continental grip: Cocok untuk berbagai jenis pukulan, namun kurang mampu memberikan topspin yang besar pada groundstroke.
  • Eastern grip: Teknik ini sangat cocok dilakukan untuk permukaan lapangan yang memiliki laju cepat dan bisa memberikan cukup topspin.
  • Western grip: Teknik pegangan raket ini karena bisa menghasilkan topspin maksimum, terutama saat bermain di permukaan lapangan yang memiliki laju lambat.

Teknik Posisi Siap (Ready Position)

Posisi siap atau ready position adalah posisi persiapan saat lawan melakukan servis atau pukulan balik dalam permainan tenis lapangan. Melakukan posisi siap dengan teknik benar bisa memberikan kesempatan untuk mengembalikan bola lawan dengan baik.

Teknik Memukul Bola (Stroke)

Teknik berikutnya adalah memukul bola. Berikut beberapa teknik pukulan bola (stroke) yang perlu kuasai agar dapat menguasai pertandingan:

  • Serve: Pukulan awalan untuk memulai permainan tenis lapangan.
  • Return of serve: Pengembalian pukulan servis dari lawan bisa membuka peluang untuk melakukan rally panjang dan mencuri poin.
  • Groundstroke: Teknik memukul bola ini membuat bola harus memantul sekali pada lapangan dalam melakukan serangan.
  • Volley: Pukulan yang bisa dilakukan sebelum bola memantul pada lapangan dengan tujuan untuk membatasi waktu reaksi lawan.
  • Approach shot: Teknik memukul ini bertujuan menyerang dengan memukul bola sebelum mencapai garis belakang lapangan.
Baca Juga:  Sejarah Panjat Tebing sebagai Olahraga Ekstrim

Teknik Footwork

Footwork adalah gerakan kaki. Mempelajari footwork dengan benar akan sangat menguntungkan pemain karena mereka lebih bisa membuat gerakan yang leluasa di lapangan yang luas.

Peraturan Teknis Lapangan

Berikut peraturan dalam permainan tenis lapangan:

  • Permainan pertama di undi dengan koin untuk menentukan siapa yang melakukan servis pertama.
  • Servis harus dilakukan di baseline.
  • Saat melakukan servis, kaki tidak boleh melewati baseline.

Dengan memahami teknik dasar tenis lapangan dan peraturan teknis lapangan, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam bermain tenis lapangan dan meningkatkan peluang menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU