Peraturan Set dan Scoring Tenis Lapangan

Dalam peraturan scoring tenis lapangan, pemain harus mencapai skor tertinggi yaitu 6 poin. Pemain yang lebih dulu mencapai 6 poin akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika pemain berhasil mencapai 6 poin dalam lebih dari 2 set, maka ia langsung dinyatakan sebagai pemenang pertandingan.

Peraturan tenis lapangan. Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan keterampilan, kecepatan, dan ketahanan fisik. Dalam permainan ini, dua pemain atau dua pasangan masing-masing menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tujuan permainan adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Tenis lapangan adalah olahraga yang memerlukan beberapa peralatan penting untuk bermain dengan baik. Selain raket, bola, dan sepatu, masih ada beberapa perlengkapan yang dapat menunjang permainan tenis lapangan. Sementara itu, yang tak kalah penting untuk diketahui, terutama buat kamu yang baru menggeluti permainan tenis lapangan adalah aturan set dan sistem scoring.

Peraturan tenis lapangan telah mengalami evolusi sejak tahun 1890-an. Olahraga ini kini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia sebagai aktivitas rekreasi. Di Indonesia, tenis lapangan juga kembali populer setelah sempat dianggap sebagai olahraga yang hanya diminati oleh kalangan tertentu.

Semakin banyak anak muda yang mulai tertarik dan berlatih tenis lapangan. Jika Anda juga ingin menikmati manfaat kesehatan dengan bermain tenis, ada baiknya Anda memahami aturan set dan cara menilai skor dalam permainan ini. Berikut penjelasannya lengkapnya:

Peraturan Set Tenis Lapangan

Tenis lapangan pada umumnya dimainkan dalam dua jenis set, yaitu 3 set dan 5 set. Set 3 merupakan jenis yang lebih umum dibandingkan set 5. Dalam peraturan tenis lapangan, pemain akan dinyatakan sebagai pemenang jika berhasil memenangkan lebih banyak set daripada lawan.

Selain harus menguasai berbagai keterampilan dalam tenis dan rajin berlatih, pemilihan peralatan tenis lapangan seperti raket yang tepat juga memegang peranan penting untuk memenangkan set. Selain itu, penting untuk mengetahui teknik dasar dan aturan bermain khsusunya buat pemula yang baru saja terjun untuk menggeluti jenis olahraga yang satu ini.

Baca Juga:  Tinggi Ring Bola Basket Sesusai Standar FIBA

Sistem Scoring Tenis Lapangan

Dalam peraturan scoring tenis lapangan, pemain harus mencapai skor tertinggi yaitu 6 poin. Pemain yang lebih dulu mencapai 6 poin akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika pemain berhasil mencapai 6 poin dalam lebih dari 2 set, maka ia langsung dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Namun, jika belum ada selisih 2 set, maka pertandingan masih berlangsung.

Untuk memenangkan pertandingan, skor akhir harus mencapai selisih 2 set, misalnya 3-1, 4-2, atau 5-3. Jika lawan terus mengejar, permainan akan berlangsung lebih lama karena tidak ada pemenang sampai ada selisih 2 set. Inilah alasan mengapa pertandingan tenis bisa berlangsung sangat lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU