Pan Zhanle Sukses Pecahkan Rekor Dunia di World Aquatics Championships 2024

Dalam aksinya pada World Aquatics Championships 2024 tersebut, Pan Zhanle berhasil menorehkan waktu 46,80 detik. Hasil itu pun berhasil membuatnya memecahkan rekor dunia pada nomor 100 meter gaya bebas putra.

Aksi perenang asal China, Pan Zhanle sukses mencuri perhatian saat tampil dalam Kejuaraan Akuatik Dunia atau World Aquatics Championships 2024 di Doha, Qatar. Dalam kejuaraan renang tersebut atlet renang Pan Zhanle sukses pecahkan rekor dunia pada nomor 100 meter gaya bebas putra.

Dalam aksinya pada World Aquatics Championships 2024 tersebut, Pan Zhanle berhasil menorehkan waktu 46,80 detik. Hasil itu pun berhasil membuatnya memecahkan rekor dunia pada nomor 100 meter gaya bebas putra.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh perenang asal Rumania, David Popovici dengan catatan waktu 46,86 detik. Perolehan catatan waktu David Popovici pun berhasil dipecahkan perenang asal China, Pan Zhanle.

Selisih keduannya hanya terpaut 0.6 detik. Artinya, Pan Zhanle berhasil unggul dan melampaui pencapain pemengang rekor sebelumnya usai berhasil finish dengan catatan waktu 46,86 detik. Rekor tersebut membuat Pan berhasil menjadi satu-satunya wakil atlet asal China yang memegang rekor dunia.

Selain itu, Pan juga masuk daftar lima perenang sepanjang sejarah yang bisa mencatatkan waktu di bawah 47 detik dalam nomor 100 meter gaya bebas. Catatan tersebut sekaligus mempertajam catatan pribadinya saat Asian Games 2023. Sebelumnya pada Asian Games 2023, ia hanya membukukan waktu 46,97 detik untuk memboyong medali emas.

Dikutip dari laman World Aquatics Championships, perenang asal China, Pan mengaku aksinya dalam memecahkan rekor dunia dalam kejuaraan renang tersebut terjadi secara alami. Meski demikian, ia berharap bisa berenang lebih cepat.

“Memecahkan rekor dunia adalah sebuah kehormatan bagi saya. Ini adalah motivasi bagi perenang muda dan tua. Saya yakin saya bisa melaju lebih cepat dari waktu hari ini. Memecahkan rekor dunia terjadi secara alami dan sekarang tujuan saya adalah berenang lebih cepat,” kata Pan Zhanle.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap F1 2024, Total Ada 24 Seri

Selain berhasil memecahkan rekor dunia, atlet renang Pan yang satu tim dengan Ji Xinjie, Zhang Zhanshuo dan Wang Haoyu juga meraih medali emas estafet 4×100 meter gaya bebas putra dengan mencatatkan waktu 3 menit 11 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA