Jangan Keliru! Ini Perbedaan Gym dan Fitness yang Perlu Diketahui

Perbedaan antara gym dan fitness penting untuk diketahui. Meskipun keduanya merujuk pada kegiatan yang serupa. Namun, jika kita melihat lebih dalam, gym dan fitness sebenarnya memiliki perbedaan loh!

Banyak orang yang sering kali tidak menyadari perbedaan antara gym dan fitness karena keduanya merujuk pada kegiatan yang serupa. Namun, jika kita melihat lebih dalam, gym dan fitness sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar tidak salah, kali ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya secara detail.

Sebelum lebih lanjut membahas perbedaan antara gym dan fitness, kita perlu memahami pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Gym sendiri berasal dari kata gymnasium. Secara harfiah, gym dapat diartikan sebagai tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan latihan dan olahraga, seperti senam, atletik, dan kardio.

Dalam perkembangannya, kata gym lebih sering dikaitkan dengan pusat kebugaran. Ketika kita pergi ke gym, kita akan menemukan berbagai macam peralatan olahraga yang bisa digunakan untuk mendukung program latihan.

Semakin lengkap peralatan olahraga yang tersedia di gym, semakin banyak pula pilihan jenis olahraga yang dapat dilakukan. Biasanya, di gym juga terdapat pelatih atau trainer yang siap membantu pelanggan, terutama yang baru memulai aktivitas tersebut.

Sementara itu, fitness adalah gaya hidup atau pola hidup sehat dan seimbang yang bertujuan menjaga kebugaran tubuh. Namun, kebugaran dalam fitness melibatkan tiga faktor utama, yaitu latihan fisik, nutrisi, dan istirahat.

Perbedaan Gym dan Fitness

Dengan melakukan kegiatan yang melibatkan ketiga faktor tersebut, kita diharapkan dapat mencapai tubuh yang ideal, sehat, dan bugar. Itu adalah pengertian dari gym dan fitness yang perlu kita ketahui. Lalu, apa saja perbedaan antara keduanya? Berikut adalah beberapa perbedaannya:

Gym lebih terfokus pada latihan angkat beban untuk membentuk masa otot tubuh menjadi ideal. Oleh karena itu, di gym, kita akan banyak melakukan latihan yang melibatkan angkat beban.

Baca Juga:  Peraturan 5 Detik dalam Permainan Bola Basket Adalah ....

Sementara itu, dalam fitness, latihan tidak hanya terbatas pada angkat beban. Kita juga akan melakukan berbagai olahraga lainnya, seperti push up, sit up, dan bermain sepak bola. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai kebugaran tubuh secara menyeluruh.

Di gym, kita akan menemukan berbagai macam peralatan olahraga yang lengkap, seperti dumbbell, barbel dan body crunch. Sedangkan, fitness dapat dilakukan di mana saja. Bahkan, melakukan push up atau sit up di kamar tidur atau teras rumah pun sudah bisa dianggap sebagai kegiatan fitness.

Namun, terdapat juga tempat khusus yang disebut dengan fitness center yang menawarkan fasilitas lengkap, tidak hanya alat-alat latihan, tetapi juga kolam renang dan tempat jogging.

Itulah perbedaan antara gym dan fitness yang perlu kita ketahui. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, keduanya tetap memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai kebugaran dan kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA