Olahraga Boxing, Ini 5 Tips untuk Pemula yang Ingin Mencoba

Olahraga boxing dilakukan dengan gerakan memukul. Olahraga boxing lebih mengutamakan keseimbangan antara pukulan, akurasi, stamina dan gerakan kaki.

Boxing atau tinju adalah salah cabang olahraga bela diri. Olahraga boxing dilakukan dengan gerakan memukul. Olahraga boxing lebih mengutamakan keseimbangan antara pukulan, akurasi, stamina dan gerakan kaki.

Taktik dan serangan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat mencoba jenis olahraga yang satu ini. Tak hanya teknik serangan, teknik bertahan juga harus menjadi fokus perhatian, terutama buat yang baru mau mencoba olahraga boxing.

Jika masih pemula dalam melakukan olahraga boxing, lima teknik dasar ini harus menjadi menu wajib yang perlu diperhatikan. Berikut 5 tips olahraga boxing yang perlu diperhatikan bagi pemula.

1. Kekuatan Kaki

Kekuatan kaki menjadi poin penting yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga boxing. Kaki menjadi tumpuan sekaligus pondasi awal. Melatih kekuatan kaki sangat penting diperhatikan.

Selain itu, melatih kekuatan kaki yang benar akan menghasilkan pukulan dan sistem pertahanan yang maksimal. Tak hanya masalah mobilitas, kuda-kuda yang benar akan memberikan kesimbangan dan fleksibilitas. Hal ini tentu saja berguna saat melakukan jenis olahraga ini.

2. Kekuatan Tangan

Tak hanya kekuatan kaki sebagai tumpuan utama, kukuatan tangan dan siku pun perlu diperhatikan jika serius ingin mencoba jenis olahraga yang satu ini. Bukan hanya berguna untuk sistem penyerangan tetapi dibutuhkan dalam pertahanan saat menghalau serangan lawan. Kekuatan siku juga bisa melindungi kepala dan badan jika mendapatkan serangan.

3. Teknik Pernapasan

Hal lain yang perlu dipelajari saat melakukan olahraga boxing adalah teknik pernapasan. Olahraga ini membutuhkan gerakan cepat, baik saat menyerang dan bertahan. Ini tentu saja membutuhkan teknik pernapasan yang benar. Gerakan tinju yang cepat akan membutuhkan teknik pernapasan yang cepat pula. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari teknik pernapasan yang benar agar hasilnya maksimal.

Baca Juga:  Sejarah Panjat Tebing sebagai Olahraga Ekstrim

4. Teknik Pukulan

Berlatih teknik pukulan sangat penting dalam olahraga ini. Untuk melatih teknik pukulan bisa dilakukan dengan menggunakan samsak sebagai target. Meski demikian, butuh waktu untuk bisa menghasilkan pukulan yang maksimal, terutama buat pemula yang baru mau mencoba jenis olahraga ini. Meski demikian, jika berlatih dengan serius, bukan tidak mungkin teknik pukulan yang dihasilkan bisa bagus.

Saat melatih teknik pukulan, bisa mencoba teknik pukulan panjang dan pendek atau mengkombinasikan kedua pukulan tersebut. Hal ini mungkin terdengar rumit untuk mempelajari teknik pukulan ini. Namun jika sering latihan teknik pukulan tersebut akan sangat bagus dan membantu saat bertarung.

5. Latihan Footwork

Dalam boxing, footwork punya peranan yang sangat penting. Footwork adalah teknik pengaturan langkah kaki. Untuk urusan bertahan, footwork adalah kuncinya. Footwork merupakan satu hal penting yang bisa menjaga serangan dan pertahanan. Teknik footwork sendiri sama pentingnya dengan mempelajari teknik pukulan.

Itu 5 tips dasar yang harus pelajari pemula. Semoga membantu, terutama buat pemula yang ini mencoba jenis olahraga ini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba olahraga ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU