Bastianini Kembali ke Podium Tertinggi, Bagnaia dan Martin Ciptakan Jarak

Podium tertinggi di Sepang menandai kemenangan pertama Enea Bastianini sebagai pembalap pabrikan Ducati. Sementara Francesco Bagnaia berhasil meredam Jorge Martin.

Enea Bastianini kembali ke podium tertinggi usai meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2023. Enea tampil dominan dalam ajang MotoGP Sepang, Malaysia. Rider Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi dipastikan tersingkir dari perebutan gelar juara MotoGP.

Rider Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi tersingkir usai Enea Bastianini meraih kemenangan dalam ajang MotoGP Malaysia 2023 yang berlangsung di Sepang International Circuit pada Minggu 12 November 2023. Kini, perebutan gelar juara dunia MotoGP hanya menyisakan dua rider Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Pada ajang balapan MotoGP Malaysia 2023, Jorge Martin yang start dari grid kedua langsung menerobos ke barisan depan. Namun aksinya tidak berjalan mulus. Dalam aksinya, pembalap Pramac Racing itu melebar di tikungan satu.

Peluang itu coba dimanfaatkan Bagnaia dan Bastianini. Mereka mencoba memanfaatkan celah kosong di sisi dalam tikungan. Martin akhirnya turun ke posisi kelima sedangkan Bagnaia berada di posisi ketiga. Sementara itu, Enea Bastianini langsung memimpin balapan, diikuti Alex Marquez yang masuk dua besar.

Ini adalah kali pertama bagi Enea Bastianini menjadi pimpinan lomba usai rentetan cedera yang ia alami. Bastianini berusaha ciptakan jarak. Namun, Marquez membayanginya cukup ketat. Di sisi lain, Martin bangkit. ‘Martinator’ menyalip Marco Bezzecchi dan naik ke posisi keempat. Spaniard pun mulai memburu Bagnaia yang sedang menempati tempat ketiga. Lap 3 menjadi saksi duel panas dua penantang titel dunia.

Bastianini Unggul di Posisi Pertama

Enea Bastianini kembali ke podium tertinggi.
Enea Bastianini kembali ke podium tertinggi.

Bagnaia dan Martin terlibat persaingan dan saling melancarkan manuver overtaking di tikungan empat belas. Pertarungan kemudian berlanjut pada lap empat di tikungan empat. Walau mendapat perlawanan kuat dari Martin, Bagnaia dapat mengatasinya.

Berselang dua lap, sang Juara Dunia bertahan temukan ritme. Pembalap Ducati itu kemudian menciptakan keunggulan 0,739 detik atas rivalnya. Sementara itu, Bastianini masih berupaya meredam Marquez.

Baca Juga:  Daftar Pembalap dan Tim MotoGP 2023 Lengkap dengan Nomor Motor

Martin berupaya memangkas gap, tetapi Bagnaia tampak kokoh mengendarai Desmosedici GP23. Seolah mengulang performa serupa di Sepang 2022, pembalap Ducati ini benar-benar tampil tanpa kesalahan. Situasi itu makin menyulitkan Martin untuk mendekati Bagnaia. Jarak antara keduanya juga bertambah. Dari yang sempat menyentuh satu detik, melebar jadi dua detik lebih. Martin pun akhirnya memilih untuk amankan posisi keempat.

Enea Bastianini akhirnya mengendalikan penuh balapan. Sementara itu, pertarungan perebutan posisi terbaik terjadi antara Fabio Quartararo dengan Marco Bezzecchi. Setelah melewati Jack Miller, ‘El Diablo’ mendekati Bez untuk lima besar. Rekan setim Franco Morbidelli juga sempat bertarung melawan Luca Marini.

Kemenangan akhirnya diraih Bastianini, sejak kali terakhir melakukannya di Aragon 2022. Bastianini kembali ke Podium tertinggi di Sepang. Hal itu menandai pula kemenangan pertamanya sebagai pembalap pabrikan Ducati. ‘La Bestia’ juga menjadi pembalap MotoGP berbeda ketujuh yang menang balapan sejauh musim ini. Sementara finis kedua ditempati Marquez, melengkapi hasil apiknya usai kemenangan saat Tissot Sprint.

Francesco Bagnaia Perlebar Jarak Poin

Francesco Bagnaia berhasil memperlebar keunggulan atas Jorge Martin dari 11 poin menjadi 14 poin.
Francesco Bagnaia berhasil memperlebar keunggulan atas Jorge Martin dari 11 poin menjadi 14 poin.

Sementara Bagnaia hanya meraih posisi ketiga. Meski demikian, posisi tersebut punya arti penting baginya. Selain dapat finis di depan Martin, sang Juara Dunia bertahan juga memperlebar keunggulan dalam poin klasemen Kejuaraan. Ini jelas berharga jelang pertarungan berikutnya di GP Qatar.

Posisi kelima dalam MotoGP Malaysia 2023 diklaim Quartararo, disusul Bezzecchi dan Morbidelli dalam tujuh besar. Sementara Miller berhasil melengkapi daftar sepuluh besar pemenang MotoGP Malaysia 2023.

Dalam ajang MotoGP itu, Miller berhasil mengungguli Fabio Di Giannantonio dan Marini. Sementara lima pembalap yang tercatat tidak dapat menyentuh garis finis di Sepang, yakni Binder, Aleix Espargaro, Raul Fernandez, Miguel Oliveira dan Joan Mir.

Baca Juga:  Hasil Tes MotoGP 2024 Sepang Hari Pertama, Jorge Martin Sukses Catatkan Waktu Terbaik

Hasil lagai MotoGP Malaysia 2023 itu pun kian membuat jarak poin antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Berkat hasil finis ketiga, Francesco Bagnaia sekarang mengantongi 412 poin. Ia berhasil memperlebar keunggulan atas Jorge Martin dari 11 poin menjadi 14 poin.

Jika Pecco finis di depan Martin dalam Tissot Sprint di Qatar, maka ia memiliki match point pertama dalam balapan Grand Prix hari Minggu. Putaran 19 dijadwalkan akan berlangsung di Lusail International Circuit dalam event bertajuk Qatar Airways Grand Prix of Qatar pada 17 hingga 19 November 2023.

Daftar 10 Besar Hasil MotoGP Malaysia 2023

1 ENEA BASTIANINI (DUCATI LENOVO TEAM)  
2 Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) +1.535
3 Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) +3.562
4 Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +10.526
5 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +15.000
6 Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) +16.946
7 Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +18.553
8 Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) +19.204
9 Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP™) +19.399
10 Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) +19.740

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU