Francesco Bagnaia Klaim Posisi Pole di MotoGP Malaysia 2023

Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia, klaim posisi pole. Sementara sang rival Jorge Martin akan start dari baris depan.

Babak kualifikasi MotoGP Malaysia 2023 menjadi pertarungan sengit antar rider untuk mengklaim gelar juara MotoGP. Panasnya cuaca di Petronas Sepang International Circuit turut melanda pada pertarungan antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Kedua pembalap tengah memperebutkan gelar MotoGP 2023, yang mana kedua pembalap tersebut hanya selisih 13 poin dalam klasemen Kejuaraan MotoGP.

Pada babak petama kualifikasi, Aleix Espargaro menetapkan lap time 1 menit 58,482 detik dalam timesheet. Meski demikian, rekor tersebut dipatahkan oleh Enea Bastianini lewat torehan 1 menit 58,169 detik.

Hasil tersebut sekaligus memaksa Franco Morbidelli turun ke posisi ketiga. Berupaya memperbaiki catatan waktu, Franky terlibat aksi ‘kucing dan tikus’ dengan Marc Marquez. Juara Dunia delapan kali itu bermaksud membuntutinya, namun sang rival enggan meladeninya.

Di saat fokus tertuju pada Marquez dan Morbidelli, Aleix Espargaro merangsek naik ke urutan teratas. Kejutan lalu dibuat Fabio Di Giannantonio yang membukukan 1 menit 57,823 detik, diikuti Bastianini. Sebaliknya nasib sial dialami Marquez. Pembalap #93 tersungkur di gravel. Hal itu membuatnya gagal melaju ke kulaifikasi kedua.

Kualifikasi kedua diawali dengan aksi pembalap Gresini Racing MotoGP, Alex Marquez yang berhasil menorehkan waktu 1 menit 57,924 detik. Rekor catatan waktu itu membawa dirinya menduduki puncak klasemen sementara.

Francesco Bagnaia Rebut Posisi Pertama

Baru juga menduduki posisi puncak, Spaniard digusur oleh Luca Marini yang membubuhkan waktu 1 menit 57,787 detik. Pada tahap ini, baik Bagnaia maupun Martin belum melakukan time attack. Memasuki delapan menit tersisa, ‘Martinator’ rupanya yang lebih dulu membuat penegasan.

Jorge Martin berhasil mebukukan waktu lap 1 menit 57,549 detik, Martin tak hanya bertengger pada urutan pertama, tetapi juga memecahkan rekor lap miliknya sendiri di Sepang musim lalu, yakni 1 menit 57,790 detik. Bagnaia kemudian berusaha meningkatkan lap time miliknya.

Baca Juga:  Daftar Juara Dunia MotoGP Sejak Pertama Digelar hingga Sekarang (1949-2023)
Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia, klaim posisi pole. (MotoGP)
Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia, klaim posisi pole. (MotoGP)

Namun, upayanya terhalang oleh bendera kuning yang dikibarkan karena terjadi insiden kecelakaan Marini. Meski begitu, sang pemuncak Klasemen sama sekali tidak terpengaruh. Jelang akhir Kualifikasi kedua, Bagnaia menujukkan taringnya. Bagnaia yang sebelumnya berada di posisi kelima berhasil melompat ke posisi pertama usai menorehkan catatan waktu 1 menit 57,491 detik.

Rekor lap pun pecah. Tetapi yang terpenting bagi Pecco adalah pole position di Sepang, berarti Italiano bakal memulai Tissot Sprint dan balapan Grand Prix di depan Martin. Ini lantaran rivalnya terjatuh di Tikungan 4 ketika berupaya meningkatkan waktu lap miliknya.

Melengkapi baris depan adalah Bastianini. Pembalap berjuluk ‘La Bestia’ itu ungguli Alex Marquez dan Marini, disusul Marco Bezzecchi untuk posisi keenam. Kemudian grid ketujuh diklaim Brad Binder, dengan Fabio Quartararo di posisi kedelapan. Sementara itu, posisi kesembilan diklaim Maverick Vinales dan Jack Miller dalam Top 10.

Daftar 10 Besar Kualifikasi MotoGP Malaysia 2023

1 FRANCESCO BAGNAIA (DUCATI LENOVO TEAM) 1:57.491
2 Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +0.058
3 Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) +0.099
4 Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) +0.170
5 Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) +0.296
6 Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) +0.314
7 Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +0.559
8 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +0.589
9 Maverick Vinales (Aprilia Racing) +0.762
10 Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) +0.977

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU