Jalani Debut Bersama Ducati, Marc Marquez Siap Cetak Rekor Baru di MotoGP 2024

Marquez telah memenangkan balapan di 20 sirkuit yang berbeda. Dengan pencapaian tersebut, ia berpotensi menyamai atau bahkan melampaui rekor Stoner (21) dan Rossi (23).

Pembalap Marc Marquez bersiap untuk mencetak sejumlah rekor baru dalam debutnya bersama tim satelit Ducati, Gresini Racing, pada musim MotoGP 2024. Menurut informasi resmi yang dirilis MotoGP, Marquez memiliki kesempatan untuk memecahkan beberapa rekor.

Marquez memiliki kesempatan untuk memenangkan gelar juara MotoGP dari dua pabrikan yang berbeda. Selain itu, ia juga bisa meraih sembilan gelar juara dunia seperti yang dimiliki oleh Valentino Rossi, Mike Hailwood dan Carlo Ubbiali.

Marquez yang kini menjadi rekan setim dengan adiknya, Alex pada MotoGP musim ini. Sebelumnya, ia menyatakan bahwa tekadnya hanya untuk meraih podium tertinggi dan memenangkan gelar juara dunia lagi.

Jika berhasil memenangkan gelar lagi, Marquez akan bergabung dengan Geoff Duke (Norton dan Gilera), Giacomo Agostini (MV Agusta dan Yamaha), Eddie Lawson (Yamaha dan Honda), Rossi (Honda dan Yamaha) dan Casey Stoner (Ducati dan Honda) dalam daftar pembalap yang pernah mendominasi kelas premier dengan dua pabrikan yang berbeda.

Selain itu, jika Marquez meraih gelar juara dunia tahun ini, ia juga akan menyamai atau bahkan melampaui rekor beberapa pembalap yang memerlukan waktu lama untuk kembali meraih gelar juara setelah beberapa musim.

Gelar Juara dari Dua Pabrikan

Rossi meraih gelar juara dunia kembali pada 2008 setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 2005. Sementara Jorge Lorenzo juga menunggu tiga tahun sebelum akhirnya meraih gelar juara dunia pada 2015 setelah terakhir kali mendapatkannya pada 2012.

Selain itu, Stoner harus menunggu empat tahun sejak 2007 sebelum ia meraih gelar juara dunia lagi pada 2011 bersama Honda. Sementara Marquez sendiri terakhir kali meraih gelar juara dunia pada 2019.

Jika Marquez meraihnya lagi musim ini, ia akan menjadi pembalap yang paling lama menunggu gelar juara setelah lima tahun tanpa gelar. Di sisi lain, Marquez juga memiliki peluang untuk meraih kemenangan di beberapa sirkuit yang belum pernah ia menangkan, seperti di Portimao, Red Bull Ring, Mandalika, Buddh dan Sokol.

Baca Juga:  Juara MotoGP 2023: Raih Kemenangan Beruntun, Francesco Bagnaia Pertahankan Status Juara Dunia MotoGP

Hingga saat ini, Marquez telah memenangkan balapan di 20 sirkuit yang berbeda. Dengan pencapaian tersebut, ia berpotensi menyamai atau bahkan melampaui rekor Stoner (21) dan Rossi (23).

Terakhir, Marquez hanya membutuhkan 11 podium lagi untuk menyamai jumlah podium kelas premier Dani Pedrosa, yakni 112 podium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA