Profil Elkan Baggott, Bek Tangguh Timnas Indonesia

Elkan Baggott adalah pesepak bola keturunan Inggris yang saat ini bermain untuk klub Ipswich Town di Divisi kedua Liga Inggris, dan bek tanggu tim nasional Indonesia.

Peran utama Elkan Baggott dalam timnas Indonesia adalah memperkuat lini pertahanan dan menjadi pagar yang tangguh untuk menghalau serangan lawan. Berikut Profil Elkan Baggott

Elkan Baggott, yang lahir pada tanggal 23 Oktober 2002 di Bangkok, Thailand, memiliki latar belakang campuran dari Inggris dan Indonesia. Ibu Elkan berasal dari Indonesia, sementara ayahnya berasal dari Inggris.

Meskipun memiliki latar belakang campuran, penting untuk dicatat bahwa Elkan Baggott bukanlah seorang pemain naturalisasi. Ia telah memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) ketika usianya masih di bawah 20 tahun. Ia juga telah memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia sejak tanggal 9 November 2021.

Dengan tinggi badan mencapai 194 cm, Elkan Baggott menghabiskan sebagian masa kecilnya di Thailand sebelum kemudian pindah ke Indonesia. Awal karir sepak bolanya dimulai di Indonesia, saat ia bersekolah di Arsenal Training Center di Jakarta. Pada tahun 2008, ia juga pernah bersekolah di British School of Jakarta dan tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang.

Pada tahun 2011, Elkan dan keluarganya memutuskan untuk pindah dan menetap di Inggris. Di sana, Elkan melanjutkan karir sepak bolanya dengan bermain di Sunday League sebelum kemudian bergabung dengan Witham Town. Pada tahun 2017, ia akhirnya bergabung dengan akademi sepak bola Ipswich Town.

Karir profesional Elkan dimulai setelah ia mendapatkan kontrak dengan Ipswich Town melalui Professional Development Phase Scholarship pada tahun 2019. Debutnya dalam tim senior Ipswich Town terjadi pada tanggal 6 Oktober 2020 saat mereka menghadapi Gillingham dalam Piala EFL. Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk Ipswich Town.

Elkan Baggott kemudian berpindah-pindah ke beberapa klub dengan status pinjaman selama karirnya, termasuk Chentelham Town, King’s Lynn Town, dan Gillingham FC di Liga Two Inggris pada musim 2022/2023.

Baca Juga:  Taktik Parkir Bus: Manfaat dan Contoh Penerapan oleh Pelatih Top

Selama bermain untuk klub-klub tersebut, Elkan tampil dalam tujuh pertandingan untuk King’s Lynn Town di ajang National League, serta empat pertandingan dalam laga FA Youth Cup bersama Ipswich. Selain itu, Elkan juga mencatatkan kontribusi penting dengan mencetak satu gol dalam pertandingan melawan Sheffield Wednesday U-18, Sparta Rotterdam U-18, dan Cardiff City U-18. Bahkan, ia menjadi bagian dari tim yang meraih gelar juara Hospital Cup pada tahun 2019.

Selain berkiprah di klub-klub Inggris, Elkan juga membela timnas Indonesia. Pengalamannya dalam timnas dimulai ketika ia bermain untuk Timnas U-19 Indonesia. Pada bulan Oktober 2020, ia mengikuti pemusatan latihan di Kroasia dan menjalani debutnya pada tanggal 11 Oktober 2020 saat Timnas U-19 Indonesia mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 4-1.

Setelah itu, Elkan Baggott masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 yang diadakan pada akhir tahun 2021. Ia mencatatkan debut kompetitif bersama Timnas Indonesia pada tanggal 12 Desember 2021.

Prestasinya tidak berhenti di situ, karena Elkan Baggott mencetak gol pertamanya untuk Timnas Indonesia pada tanggal 19 Desember 2021 dalam pertandingan melawan Malaysia yang berakhir dengan skor 4-1 untuk Indonesia. Hingga saat ini, Elkan telah mengumpulkan 12 caps dan mencetak dua gol selama bermain untuk Timnas Indonesia.

Demikianlah Profil Elkan Baggott yang akan jadi andalan timnas Indonesia ditiap pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU