Piala Asia 2023: Matchday Kedua Grup D, Indonesia Menang 1-0 Atas Vietnam

Indonesia siap menantang Jepang usai menang atas Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 dengan skor 1-0.

Indonesia menang atas Vietnam pada Piala Asia 2023 dengan skor 1-0. Dalam laga matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium pada Jumat (19/1), Indonesia berhasil menang tipis atas Vietnam.

Indonesia tampil dominan menghadapi Vietnam di babak pertama. Pada laga babak pertama itu, Asnawi Mangkualam berhasil mencetak gol dari tendangan penalti. Hal itu lantas membuat kedudukan timnas Indonesia unggul 1-0.

Awal babak kedua, Vietnam mengubah pendekatan. The Golden Star Warriors bermain lebih agresif dan mencari celah pertahanan skuad Garuda. Khuat Van Khang yang baru masuk, langsung menggebrak. Meski demikian, tembakannya masih bisa dibendung kiper Ernando Ari.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengubah komposisi pemain. Secara bertahap, Witan Sulaeman, Adam Alis, dan Hokky Caraka dimasukkan ke lapangan. Pelatih asal Korsel Selatan itu juga dipaksa menarik Jordi Amat yang mengalami cedera. Posisinya kemudian digantikan oleh Rizky Ridho.

Adanya Hokky Caraka di lini depan membuat Timnas Indonesia memiliki beberapa peluang. Menit 71, Hokky mendapatkan bola dari Marselino. Namun, keputusannya untuk melakukan beberapa sentuhan membuat pemain belakang Vietnam bisa menyapu bola.

Indonesia Menang 1-0 Atas Vietnam

Kesempatan lain didapatkan Hokky pada menit 81, tetapi tembakannya masih melenceng. Timnas Indonesia masih memiliki peluang berikutnya berselang 8 menit. Berawal dari kemelut, Marselino yang ada di depan kotak penalti, mengirim tembakan yang melenceng ke sisi kanan gawang Filip Nguyen.

Banyaknya insiden pada babak kedua membuat tambahan waktu menjadi 10 menit. Vietnam yang semakin tidak sabar, harus bermain 10 orang menyusul kartu merah kepada Le Pham Than Long.

Ujung babak kedua, skema permainan apik Indonesia nyaris membuahkan gol kedua. Namun, sepakan Marselino masih terlalu tinggi. Ini dibalas dengan tendangan bebas Vietnam yang memaksa Ernando Ari melakukan penyelamatan krusial.

Baca Juga:  Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Hadapi Lawan Tangguh di Group D

Skor akhir 1-0 untuk kemenangan timnas Indonesia. Garuda tampak siap menantang Jepang di laga pemungkas sekaligus berjuang untuk tiket lolos 16 besar Piala Asia 2023. Sebaliknya, Vietnam ada di posisi juru kunci Grup D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA