149-0, Sejarah Kemenangan Terbesar di Lapangan Hijau

Skor yang sangat sulit dipercaya ini benar-benar terjadi di Afrika...

Pada tahun 2002, rekor dunia untuk jumlah gol yang dicetak dalam satu pertandingan sepakbola senior dipecahkan oleh sebuah tim dari Madagaskar, menggantikan rekor yang telah bertahan sejak tahun 1885 ketika Arbroath mengalahkan Bon Accord 36-0.

Kejadian lucu ini terjadi ketika juara liga AS Adema menang dengan skor mencengangkan 149-0, melampaui lebih dari empat kali lipat rekor sebelumnya. Perlu dicatat bahwa rekor sebelumnya tersebut dipecahkan oleh tim yang secara sengaja mencetak gol bunuh diri.

Lawan Adema, Stade Olymique L’Emyrne (SOE), mengambil kendali penuh atas pertandingan liga nasional dengan sengaja memasukkan bola ke gawang mereka sendiri sebanyak 149 kali sebagai protes terhadap keputusan wasit. Para pemain Adema tampak bingung dan tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan lawan mereka yang sengaja mengalah.

Meskipun kejadian ini aneh, SOE bukanlah klub sembarangan. Mereka adalah juara liga Madagaskar tahun sebelumnya dan berhasil lolos ke putaran kedua Liga Champions Afrika. Sejarawan Federasi Sepakbola Inggris (FA), David Barber, menyatakan bahwa skor 149-0 kemungkinan besar menciptakan rekor dunia baru.

Meskipun keputusan wasit dan protes pemain SOE menciptakan momen unik ini, Adema akhirnya berhasil memenangkan gelar juara liga pada musim tersebut.

Baca Juga:  Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU