Frige Olimpiade, Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Frige Olimpiade tidak hanya bermakna simbolis, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh Republik Prancis.

Olimpiade Paris 2024, yang akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, telah merilis maskot resminya yang dinamakan Olympic Phryge. Nama dan desain maskot Resmi Olimpiade Paris 2024 terinspirasi dari topi tradisional Frigia, simbol kebebasan yang sangat bersejarah dalam budaya Prancis.

Makna Maskot Olimpiade  Paris 2024

Olympic Phryge mengambil bentuk topi Frigia dan dihiasi dengan warna biru, putih, dan merah – warna bendera Prancis yang terkenal. Pada dadanya terpampang logo emas Paris 2024, menambah kesan elegan dan prestisius.

Bentuk dan desain ini mengingatkan pada simbol kebebasan yang sering muncul dalam seni dan budaya Prancis, serta di berbagai institusi resmi seperti koin dan perangko. Sosok Marianne, personifikasi Republik Prancis, juga digambarkan mengenakan topi Frigia, menjadikan maskot ini sebagai perwujudan dari semangat nasional.

Peran dan Visi Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Tim Desain Paris 2024 menciptakan Olympic Phryge dengan visi bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan. Maskot ini diharapkan dapat memimpin “revolusi” melalui olahraga, menginspirasi orang-orang dari berbagai latar belakang untuk mencapai yang terbaik dalam diri mereka.

Olympic Phryge akan berperan sebagai ikon yang mendorong persatuan dan kerja sama, sesuai dengan motto: “Sendirian kita melangkah lebih cepat, namun bersama-sama kita melangkah lebih jauh.” Motto ini menekankan pentingnya kerja sama dan solidaritas dalam mencapai tujuan bersama.

Sejarah dan Relevansi Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Topi Frigia yang menjadi inspirasi maskot ini memiliki sejarah panjang sebagai simbol kebebasan, baik di Prancis maupun secara internasional. Pada zaman Romawi, topi ini dikenakan oleh budak yang dibebaskan, dan sejak saat itu, topi Frigia telah menjadi simbol perjuangan untuk kebebasan dan hak asasi manusia. Di Amerika Utara dan Selatan, topi ini juga muncul pada berbagai lambang, menandakan pengaruhnya yang luas sebagai ikon kebebasan.

Baca Juga:  Pelambung Dalam Permainan Softball Disebut? Ini Perannya

Dengan demikian, Olympic Phryge bukan hanya sekadar maskot, tetapi juga representasi dari nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Melalui desainnya yang bermakna dan inspirasional, Olympic Phryge diharapkan dapat menyatukan orang-orang di seluruh dunia dalam semangat olahraga dan kebebasan, serta mendorong mereka untuk bekerja sama demi mencapai prestasi yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU