3 Libero Terkenal dalam Bola Voli

Dalam pertandingan bola voli yang cepat, usaha bertahan sering kali menentukan hasilnya. Tim bola voli yang sukses memiliki libero yang terampil dengan kemampuan luar biasa yang membuat mereka tak tergantikan.

Berasal dari kata Italia yang berarti “bebas,” libero dinamai dengan tepat karena kebebasan mereka untuk menggantikan pemain dalam dan luar permainan tanpa batasan. Lalu siapa libero terkenal saat ini?

Pemain menjalani pelatihan khusus yang berfokus pada keterampilan bertahan dan kesadaran lapangan untuk menjadi libero. Tidak seperti posisi lainnya, libero mengenakan jersey yang berbeda, yang membuat mereka mudah dikenali.

Libero Terkenal dalam Bola Voli

Berikut 3 libero yang terkenal tanggu dalam pertahanan tim.

Sergio Santos (Brasil)

Libero Terkenal
Sergio Santos

Santos secara luas dianggap sebagai salah satu libero terhebat sepanjang masa, setelah memenangkan beberapa medali emas Olimpiade bersama tim nasional Brasil dalam empat final Olimpiade berturut-turut, memenangkan dua emas (2004 dan 2016) dan dua medali perak (2008 dan 2012).

Dia dua kali dipilih untuk penghargaan MVP di Kejuaraan Amerika Selatan, Liga Dunia 2009, dan Olimpiade 2016 di Rio. Kepemimpinan dan keterampilan bertahannya membuatnya menjadi legenda dalam bola voli. Setelah pensiun dari bola voli profesional, ia menjabat sebagai anggota Komisi Atlet FIVB.

Stacy Sykora (Amerika Serikat)

Libero Terkenal
Stacy Sykora

Sykora adalah yang pertama memainkan posisi libero untuk tim Bola Voli Wanita AS. Pada Olimpiade 2000, dia dianugerahi Pengoper Terbaik, meraih Defender Terbaik di Olimpiade 2004, dan memainkan peran penting dalam perolehan medali perak Amerika Serikat di Olimpiade Beijing 2008.

Pada tahun 2010, dia dianugerahi Libero Terbaik dan Defender Terbaik di Kejuaraan Dunia dan dinobatkan sebagai Pemain Bola Voli AS Tahun Ini. Dikenal karena ketekunan dan kehebatannya, sekarang dia adalah pelatih yang dihormati untuk Tim Nasional AS.

Brenda Castillo (Republik Dominika)

Libero Terkenal
Brenda Castillo

Sebagai pemain kunci untuk tim nasional Republik Dominika, Castillo telah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Libero Terbaik di Olimpiade 2012 di London, Kejuaraan Dunia FIVB U-23 2013, dan Piala Dunia Bola Voli Wanita FIVB 2015.

Baca Juga:  Daftar Pemain Thailand di VNL 2024 Putri, Nomor & Posisi

Dia dianggap sebagai pemain kunci dalam tim, memberikan stabilitas dalam menerima dan bertahan serta memimpin tim dengan semangat dan determinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU