Siapa Penemu Bola Voli? Begini Sejarahnya

Bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang pendidik Amerika bernama William G. Morgan.

Siapa penemu Bola Voli? Bola voli semakin populer di seluruh dunia. Saat ini, lebih dari 900 juta orang bermain bola voli, dan Federasi Bola Voli Internasional menganggapnya sebagai salah satu olahraga internasional terbesar.

Penemu Bola Voli

Bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang pendidik Amerika bernama William G. Morgan. Morgan adalah direktur pendidikan jasmani di YMCA di Holyoke, Massachusetts. Dia ingin menciptakan olahraga yang menyenangkan seperti bola basket, tetapi tidak terlalu berat secara fisik sehingga lebih banyak orang bisa memaikannya.

William G. Morgan
William G. Morgan

Morgan menciptakan permainan yang menggabungkan unsur bola basket, bulu tangkis, dan bola tangan. Pemain memukul bola melewati net menggunakan tangan mereka. Awalnya, Morgan menggunakan net bulu tangkis dan menyebut permainannya “mintonette.”

Namun, bola yang digunakan dari olahraga lain terlalu berat atau terlalu ringan. Morgan kemudian meminta perusahaan AG Spaulding & Sons untuk membuat bola yang sesuai. Dia juga menulis aturan permainan dengan bantuan dua temannya.

Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

Morgan memperkenalkan permainan barunya pada konferensi YMCA pada tahun 1896. Setelah demonstrasi, seorang profesor bernama Alfred Halstead menyarankan nama “bola voli” karena pemain melakukan gerakan voli bolak-balik. Nama ini disetujui dan kemudian pada tahun 1952, kata “bola voli” digabung menjadi satu kata: “bola voli.”

Perkembangan Cepat Bola Voli

YMCA dengan cepat menyebarkan bola voli ke seluruh cabangnya di Amerika Serikat, Kanada, dan negara lain. Dalam sepuluh tahun, bola voli menjadi salah satu olahraga paling populer di Amerika. Pada tahun 1916, sekitar 200.000 orang Amerika sudah bermain bola voli.

YMCA kemudian meminta National Collegiate Athletic Association (NCAA) untuk menerbitkan aturan bola voli dan menyebarkan informasi tentang olahraga ini. Perguruan tinggi mulai membentuk tim bola voli, dan popularitasnya terus meningkat. Pada tahun 1928, Asosiasi Bola Voli Amerika Serikat (USVA) didirikan.

Baca Juga:  Trik Bola Basket: 6 Gerakan Penting yang Wajib Dipelajari Setiap Pemain

Bola voli juga berkembang secara internasional. Pada tahun 1913, bola voli dimainkan di Pertandingan Timur Jauh pertama di Manila, Filipina. Pada tahun 1947, Fédération Internationale de Volleyball (FIVB) didirikan di Prancis sebagai badan pengelola bola voli dunia. Bola voli menjadi bagian dari Olimpiade pada tahun 1964 di Tokyo.

Evolusi Permainan Bola Voli

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh William Morgan, bola voli telah mengalami banyak perubahan. Teknik permainan seperti set, spike, dan kill diperkenalkan di Filipina pada awal 1900-an.

Pada tahun 1920, aturan baru membatasi pemain hingga tiga sentuhan sebelum mengembalikan bola. Pada tahun 1999, skor reli diperkenalkan, memungkinkan tim mencetak poin tidak peduli siapa yang melakukan servis.

Penemuan Bola Voli Pantai

William Morgan menemukan bola voli, tetapi siapa yang membawa permainan ini ke pantai tidak diketahui pasti. Diperkirakan voli pantai dimulai di Waikiki, Hawaii. Versi kedua pemain yang dikenal sekarang mungkin dimulai sekitar tahun 1930 di The Athletic Club di Santa Monica, California.

Bola voli pantai memulai debutnya sebagai olahraga demonstrasi di Olimpiade 1992 di Barcelona dan secara resmi menjadi bagian dari Olimpiade pada tahun 1996 di Atlanta. Seperti bola voli dalam ruangan, voli pantai juga semakin populer di kalangan pemain dan penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU