Mengenal PSBS Biak, Penerus Marwa Sepak Bola Papua di Liga 1 Indonesia

PSBS Biak muncul sebagai pewaris kehormatan sepak bola Papua dalam panggung kompetisi Indonesia.

Masyarakat Papua khusus masyarakat Biak Numfor patut bersenang hati dengan prestasi gemilang yang ditorehkan tem kebanggan mereka dalam berkompetisi di Liga 2 2023 -2024 yakni PSBS Biak.

Tim berjuluk Badai Pasifik itu berhasil mengunci gelar Juara Pegadaian Liga 2 musim ini setelah mereka menandangkan Semen Padang FC di final leg ke -2 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Sabtu 09 Maret 2024 dengan skor akhir 3 -0 agregrat (6-0).

Prestasinya yang mengamankan tiket promosi ke Liga 1, yang merupakan divisi tertinggi di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai kekuatan baru yang patut diperhitungkan.

Pada musim 2023-2024, mereka memastikan langkah promosi melalui jalur final dengan kemenangan mengesankan atas Persiraja Banda Aceh dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga 2 2023-2024, di Stadion Cenderawasih pada Kamis (29/2/2024), dengan skor mencolok 4-0.

PSBS, walaupun bukan pendatang baru di panggung sepak bola Indonesia, berhasil menarik perhatian dengan prestasinya. Klub yang berbasis di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua ini telah berdiri sejak tahun 1968.

Meskipun telah lama eksis, nama PSBS mungkin belum begitu dikenal oleh publik Indonesia, terutama karena sebagian besar perjalanan klub ini berada di tingkat kompetisi yang lebih rendah.

Sebelum adanya Liga 1, 2, dan 3, PSBS pernah meraih gelar juara Divisi I Liga Indonesia pada tahun 2010, yang setara dengan Liga 3 saat ini. Setelahnya, PSBS berkompetisi di Divisi Utama, yang merupakan divisi kedua pada masa itu, dan bertahan hingga saat ini di Liga 2.

Musim ini, PSBS tampil dengan identitas yang kuat, dengan banyak mantan pemain Persipura Jayapura bergabung, seperti Alberto Goncalves, Yohanis Nabar, Nelsom Alom, dan Muhammad Tahir.

Pada musim ini, PSBS bisa dianggap sebagai salah satu peserta Liga 2 dengan persiapan yang paling matang. Dukungan dari berbagai sponsor telah memungkinkan PSBS untuk mengontrak pemain-pemain berkualitas, termasuk beberapa yang memiliki pengalaman di Liga 1 dan bahkan Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Arti Logo Borneo FC: Datang, Lawan, Menang!

PSBS juga diakui sebagai penerus kebanggaan sepak bola Papua di level tertinggi di Indonesia, mempersembahkan kembali kehadiran tim dari Papua di Liga 1.

Sebelumnya, Persipura dianggap sebagai representasi paling kuat dari Papua di Liga 1, namun, klub tersebut terdegradasi pada musim 2021-2022. Oleh karena itu, saat ini, PSBS menjadi satu-satunya wakil sepak bola Papua di Liga 1, mengangkat bendera kehormatan dan tradisi sepak bola di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU