Arti Logo Bali United: Serdadu Tridatu yang Kaya Akan Sentuhan Hindu

Serdadu Tridatu, julukan yang melekat pada Bali United, memiliki akar dalam Bahasa asli Bali yang bermakna persatuan di Pulau Dewata.

Arti Logo Bali United. Bali United adalah salah satu tim yang saat ini berpartisipasi dalam kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia, Liga 1.

Klub ini, yang berbasis di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, provinsi Bali, Indonesia, telah meraih gelar juara Liga 1 dua kali, yakni pada musim 2021-2022. Awalnya dikenal sebagai Persatuan Sepak Bola Samarinda (Persisam), klub yang dikelola oleh Putra Samarinda mengalami kesulitan.

Pada 15 Februari 2015, klub ini diambil alih oleh pengusaha Indonesia, Pieter Tanuri, yang kemudian merubah namanya menjadi Bali United FC. Julukan “Serdadu Tridatu” kemudian melekat pada klub ini, membawa makna yang dalam bagi Bali United.

Serdadu Tridatu, dalam bahasa asli Bali, memiliki arti “persatuan di Pulau Dewata.” Julukan ini erat terkait dengan logo Bali United. “Serdadu” dalam konteks julukan ini merujuk pada prajurit perang atau individu yang berjuang di medan perang. Sementara itu, “Tridatu” mengacu pada susunan benang dengan makna filosofis dalam tradisi Hindu.

Tridatu sendiri ditandai oleh warna merah, putih, dan hitam, yang juga menjadi bagian integral dari logo Bali United. Adanya warna emas di sisi luar melambangkan kemenangan.

Dengan demikian, penggunaan julukan Serdadu Tridatu untuk Bali United menggambarkan semangat persatuan di antara para pemain, yang bersatu untuk mencapai kemenangan.

Arti Logo Bali United

Serdadu Tridatu, julukan yang melekat pada Bali United, memiliki akar dalam Bahasa asli Bali yang bermakna persatuan di Pulau Dewata. Sebagai pelengkap, Semeton Dewata digunakan sebagai panggilan akrab bagi para penggemar Bali United Football, mencerminkan hubungan yang erat seperti saudara dengan Dewata, nama di mana klub ini bernaung.

Logo Bali United Football tidak hanya sekadar simbol, melainkan juga terkait erat dengan julukan para penggemarnya, yaitu Serdadu Tridatu. “Serdadu” membawa makna prajurit perang atau pejuang di medan pertempuran, sementara “Tridatu” menggambarkan susunan benang yang memiliki signifikansi filosofis dalam keyakinan Hindu.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Logo Athletic Bilbao

Tridatu mencakup warna merah, putih, dan hitam, yang masih menjadi bagian integral dari logo Bali United Football hingga saat ini. Sentuhan emas atau kuning pada logo tersebut melambangkan kemenangan, menciptakan simbolisme yang kuat untuk semangat juang dan prestasi di dalam dan luar lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA