Catat! Ini Daftar 14 Tim Basket yang Akan Berlaga di IBL 2024

Sebelumnya, pada IBL musim 2023, Prawira Harum Bandung berhasil meraih gelar juara IBL 2023. Prawira Harum Bandung meraih gelar juara 2023 usai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta di babak final.

Daftar 14 tim basket yang akan mengikuti Indonesian Basketball League (IBL) 2024. Jumlah daftar tim basket yang akan berkompetisi pada IBL 2024 tersebut berkurang dari laga musim sebelumnya. Ada dua tim basket yang tidak berpartisipasi pada IBL 2024. Tim tersebut adalah Indonesia Patriots dan Mountain Gold Timika.

Kedua tim basket tersebut memiliki alasan yang berbeda. Patriots menjalankan program PP Perbasi yang memiliki kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania. Untuk itu para pemain timnas muda akan fokus mengikuti program tersebut.

Sementara Mountain Gold kehilangan lisensinya. IBL mengumumkan mencabut lisensi tim tersebut pada 17 November 2023. Mountain Gold tidak bisa membayar gaji pokok, uang kontrak dan tunjangan lainnya kepada para pemain dan staf.

Hal yang sama juga terjadi pada West Bandits Solo. West Bandits kehilangan posisinya sebagai tim perwakilan Solo usai lisensinya dicabut. Oleh karena itu, sebagai gantinya, posisinya sebagai wakil kota Solo diberikan kepada tim baru, Kesatria Bengawan Solo. Tim tersebut akan menjalani debut di IBL 2024 yang akan berlangsung pada Januari mendatang.

IBL Musim 2024

Sementara itu, sejumlah tim melakukan pergantian nama pada kompetisi liga basket musim 2024 mendatang. sejumlah tim yang melakukan pergantian nama, lisensi dan kota tersebut diantaranya Bumi Borneo Basketball yang kini berganti nama menjadi Borneo Hornbills. Kemudian Rans Pik Basketball berpindah homebase dan kini menjadi Rans Simba Bogor. Terakhir, ada Lalu Evos Thunder Bogor berganti lisensi dan menjadi Rajawali Medan.

Sebelumnya, pada IBL musim 2023, Prawira Harum Bandung berhasil meraih gelar juara IBL 2023. Prawira Harum Bandung meraih gelar juara 2023 usai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta di babak final. Dalam laga itu, Prawira Harum Bandung berhasil menang 63-58 atas Pelita Jaya di babak kedua yang berlangsung pada Sabtu (22/7) lalu.

Baca Juga:  IBL 2024 Pekan Kedua: Ada Duel Antara Pelita Jaya vs Satria Muda

IBL musim 2024 sendiri dijadwalkan akan berlagsung pada Januari mendatang. Jika bergulir sesuai rencana awal, IBL 2024 akan menyelesaikan musim reguler pada Juni. Sementara babak playoff dimulai pada Juli. Kemudian, berlanjut ke semifinal dan final pada Agustus.

Daftar Tim Basket Peserta IBL 2024:

  1. Satria Muda
  2. Pelita Jaya
  3. Prawira
  4. Dewa United
  5. Bima Perkasa
  6. Bali United
  7. Tangerang Hawks
  8. Hangtuah
  9. Pacific
  10. Satya Wacana
  11. Borneo Hornbills
  12. Rans Simba Bogor
  13. Rajawali Medan
  14. Kesatria Bengawan Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA