Apa Boleh Mengumpan Bola Penalti?

Penalti merupakan salah satu kesempatan untuk mencetak gol, tapi bagaimana jika si penendang memilih untuk mengopernya kepada rekan satu tim?

Cetak gol melalui penalti memang menjadi salah satu strategi yang paling umum dalam sepakbola. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara unik untuk melaksanakan tendangan penalti yang sah menurut peraturan?

Salah satunya adalah dengan mengumpan bola kepada rekan satu tim. Meskipun terdengar aneh, aturan sepakbola memberikan ruang bagi tindakan seperti itu.

Teknik Mengumpan Bola Penalti

Dalam “Laws of the Game,” dijelaskan bahwa seorang pemain yang akan melaksanakan penalti dapat mengumpan bola ke depan tanpa menyentuhnya lagi untuk kali kedua.

Dengan kata lain, pengambil penalti memiliki kebebasan untuk memberikan assist kepada rekan satu timnya. Beberapa pemain terkenal, seperti Lionel Messi dan Johan Cruyff, pernah mencoba menyajikan tendangan penalti yang tidak lazim ini.

Duo Arsenal yang Gagal

Namun, tidak semua percobaan mengumpan bola penalti berjalan lancar. Pada tahun 2005, duo Arsenal, Robert Pires dan Thierry Henry, mencoba melakukan aksi yang berakhir tidak sesuai harapan.

Saat Pires akan mengumpan, ia malah menyentuh bola dengan bagian ‘pul’ sepatunya. Gerakan yang tidak terduga ini membuat bola tidak bergerak dari titik putih. Pires, setelah menyentuh bola, kehilangan haknya untuk menyentuh bola lagi.

Momen ini menjadi krusial karena bola dianggap masih aktif, dan seharusnya Thierry Henry bebas untuk melepaskan tembakan. Namun, sang penyerang Prancis itu malah berlari melewati Pires dengan harapan mendapatkan umpan yang lebih baik.

Kejadian Memalukan di Liga 1 Indonesia 2022/23

Tidak hanya itu, kejadian serupa juga terjadi dalam Liga 1 Indonesia musim 2022/23. Pemain Persis Solo, Alexis Messidoro, memilih untuk mengoper bola penalti kepada Fernando Rodriguez. Meskipun sah secara aturan, momen ini menjadi sangat memalukan bagi tim tersebut.

Baca Juga:  Daftar 32 Pemain pada Seleksi dan Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-16 Gelombang Pertama

Melalui insiden-insiden seperti ini, sepakbola terus menunjukkan bahwa selalu ada ruang untuk kreativitas, bahkan dalam momen serius seperti penalti. Meskipun tidak selalu berakhir dengan sukses, upaya untuk melakukan sesuatu yang berbeda di lapangan terus menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain dan penggemar sepakbola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA