Usai Laga Pamungkas, Jonatan Christie Raih Rekor Baru di French Open 2023

Gelar kemenangan tersebut diraih Jonatan setelah mengalahkan atlet bulu tangkis China, Li Shi Feng pada babak final yang berlangsung di Glaz Arena, Rennes, Prancis, Minggu 29 Oktober 2023. Ia meraih kemenangan dengan rubber game 16-21, 21-15, 21-14 atas Li Shi Feng.

French Open 2023 jadi sejarah baru bagi tim bulu tangkis Indonesia, khususnya atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Bagaimana tidak, dalam ajang bergengsi tingkat dunia itu Jonatan berhasil mengukir sejarah sebagai pemenang pertama di kelas tunggal putra.

Berkaca dari dua kompetisi sebelumnya yaitu Asian Games 2022 dan Denmark Open, Ia tak pernah sampai ke babak final. Pada laga Asian Games 2022, Ia hanya mampu masuk babak 32 besar dan gagal meraih tikat 16 besar usai kalah dari wakil China, Chou Tien Chen dengan skor 17-21, 17-21.

Sementara pada Denmark Open 2023, Jonatan kembali menelan kekalahan yang sama dari Chou Tien Chen di babak 32 besar. Jonatan seolah membayar dua kegagalannya di ajang French Open 2023 dengan menorehkan rekor baru pada turnamen kategori BWF Super 750 untuk pertama kalinya.

Gelar kemenangan tersebut diraih Jonatan setelah mengalahkan atlet bulu tangkis China, Li Shi Feng pada babak final yang berlangsung di Glaz Arena, Rennes, Prancis, Minggu 29 Oktober 2023. Ia meraih kemenangan dengan rubber game 16-21, 21-15, 21-14 atas Li Shi Feng.

“Puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara,” kata Jonatan Christie dikutip dari laman PBSI.

Jonatan mengakui lawan yang dihadapi di final French Open cukup tangguh. Meski sempat melakukan kesalahan saat awal laga babak pertama, namun di babak kedua Jonatan mencoba bangkit dan memperbaiki pola permainannya.

“Tidak mudah, saya ada sedikit tegang di awal-awal laga. Banyak melakukan kesalahan sendiri. Di gim kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari,” Jelas Jonatan.

Baca Juga:  Ester Nurumi, Tembus Babak Semifinal Korea Masters 2023

Perjuangan Jonatan pun akhirnya membuahkan hasil. Diakhir laga Ia berhasil keluar sebagai pemenang French Open 2023 kategori tunggal putra menaklukan lawan terberatnya Li Shi Feng.

“Tadi setelah pertandingan selesai, saya merasa speechless. Di dua sampai tiga turnamen terakhir, saya tidak bermain optimal lalu banyak orang meragukan tapi balik lagi rencana Tuhan kita tidak pernah tahu,” kata Jonatan.

Ia berharap kemenangan di laga final French Open ini bisa menjadi awal baru untuk kompetisi yang akan ia ikuti nantinya.

“Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters. Saya mau fokus ke sana. Semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA