Moto3 Qatar: Jaume Masia Sabet Gelar Juara Dunia Moto3 2023

Dengan kemenangan di GP Qatar, Jaume Masia memuncaki klasemen Moto3 2023 dengan perolehan 271 poin. Ayumu Sasaki berada di peringkat kedua dan terpaut 28 poin.

Jaume Masia mencatatkan sejarah pada Race Moto3 Qatar 2023. Pembalap Leopard Racing itu berhasil meraih posisi pertama dalam Race Moto3, sekaligus menyandang status sebagai Juara Dunia Moto3 2023.

Pembalap Spanyol itu tampil luar biasa dalam Moto3 Qatar 2023 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail pada Minggu 19 November 2023. Ia memastikan titel usai meraih posisi pertama pada Race Moto3 Qatar 2023. Sementara rivalnya, Ayumu Sasaki hanya mampu finish di posisi keenam. GP Qatar menjadi match point pertama Masia untuk mengklaim gelar juara.

Meski begitu, Masia sempat mengalami kesulitan pada lap pembuka usai lampu start padam. Pembalap Leopard Racing itu melorot ke posisi kedelapan, sebaliknya Sasaki berada dalam tiga besar di belakang Diogo Moreira dan Daniel Holgado.

Masia lalu mencoba bangkit pada Lap 2. Ia mencoba naik ke urutan keenam. Sedangkan Sasaki masih menempati posisi ketiga. Sesi Race itu pun langsung dipimpin Holgado, berada di depan Deniz Oncu yang kemudian dihukum Double Long Lap Penalty karena jump start. Saat memasuki Lap 3, terjadi momen antara Masia dan Sasaki di Tikungan 6.

Keduanya kembali terlibat momen di tikungan yang sama. Bahkan sampai membuat Masia mendapat conduct warning dari FIM MotoGP Stewards. Kendati demikian, itu tak menyurutkan laju kencang sang pembalap Spanyol. Sasaki juga tak menyerah begitu saja. Pembalap Jepang ini merebut pimpinan lomba pada Lap 9. Tensi pertarungan meningkat.

Juara Dunia Moto3 2023

Enam lap tersisa, Sasaki masih memegang kendali balapan. Akan tetapi, ia mendapat tekanan kuat dari Masia. Belum lagi ditambah Holgado yang ikut meramaikan persaingan di barisan depan. Sasaki kemudian kehilangan posisi setelah disalip Masia yang mengklaim urutan kedua. Sayangnya, perjuangan Sasaki berakhir lebih awal.

Baca Juga:  Sesi Warm Up MotoGP Qatar 2023: Maverick Vinales Bertengger di Posisi Puncak, Jorge Martin Tertinggal Jauh

Adalah tiga lap terakhir yang mengakhiri asa Sasaki. Pembalap Intact GP itu turun ke posisi kesembilan karena terlibat duel dengan rekan setim Masia, yakni Adrian Fernandez. Situasi berbeda dialami Masia yang berganti memimpin balapan. Dalam upaya mengejar ketertinggalan, Sasaki akhirnya harus mengakui keunggulan Masia.

GP Qatar dimenangi Masia setelah mengalahkan David Alonso dengan selisih 0,068 detik. Podium secara mengejutkan dilengkapi Oncu. Pembalap Turki itu menaklukkan Riccardo Rossi dan Vicente Perez. Sasaki finish keenam, diikuti Matteo Bertelle.

Sementara Kaito Toba mengklaim posisi kedelapan, mengalahkan Holgado dan Collin Veijer yang masuk sepuluh besar. Sedangkan wakil tunggal Indonesia, Mario Aji catatkan finish di P25 usai dihukum start paling belakang dan harus menjalani Long Lap Penalty.

Dengan kemenangan di GP Qatar, Jaume Masia memuncaki klasemen Moto3 2023 dengan perolehan 271 poin. Ayumu Sasaki berada di peringkat kedua dan terpaut 28 poin. David Alonso peringkat ketiga (225 poin), serta Daniel Holgado peringkat keempat (212 poin).

Daftar 10 Besar Hasil Race Moto3 Qatar 2023:

1 JAUME MASIA (LEOPARD RACING)  
2 David Alonso (GASGAS Aspar Team) +0.068
3 Deniz Oncu (Red Bull KTM Ajo) +0.163
4 Ricardo Rossi (SIC58 Squadra Corse) +0.285
5 Vicente Perez (BOE Motorsports) +1.553
6 Ayumu Sasaki (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) +1.566
7 Matteo Bertelle (Rivacold Snipers Team) +1.725
8 Kaito Toba (SIC58 Squadra Corse) +1.846
9 Daniel Holgado (Red Bull KTM Tech3) +1.943
10 Collin Veijer (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) +2.019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA