Moto3: Cetak Rekor Baru, Jaume Masia Rebut Posisi Pole

Sang pemuncak klasemen kejuaraan raih posisi start terdepan, sementara rival Daniel Holgado alami crash dalam Kualifikasi.

Masia rebut posisi pole dalam kualifikasi Moto3 Malaysia. Pagelaran Moto3 Malaysia 2023 diwarnai drama dan insiden kecelakaan. Dalam pagelaran kualifikasi Moto3 Malaysia yang berlangsung di Sepang International Circuit pada Sabtu 11 November 2023 itu Jaume Masia tampil menjadi bintang utama. Jaume Masia berhasil unggul atas Ayumu Sasaki dan Daniel Holgado.

Pada kualifikasi pertama Moto3 Malaysia, Jose Antonio Rueda mampu menggebrak pada awal sesi kualifikasi. Aksinya diikuti Mario Suryo Aji dan rekan setim Taiyo Furusato serta David Alonso yang masuk dalam posisi empat teratas.

Sangat disayangkan, aksinya merebut posisi keempat pada sesi kualifikasi harus terhenti. Alanso mengalami kecelakaan saat berada di Tikungan tiga. Insiden ini pun menutup peluangnya Alanso untuk mengamankan tiket kualifikasi kedua.

Mendekati tujuh menit tersisa, Collin Veijer muncul sebagai pembalap yang patut diperhitungkan. Collin mencetak catatan waktu paling cepat saat kualifikasi pertama. Catatan waktu tercepat yang diraih Collin berhasil membawanya melaju ke Kualifikasi kedua bersama Rueda, Xavier Artigas dan Vicente Perez.

Masia Rebut Posisi Pole

Kualifikasi kedua kembali dibuka oleh gebrakan Rueda. Rookie Spanyol itu jadi yang pertama menetapkan waktu lap 2 menit 12,113 detik. Posisi puncak lalu diambil alih Veijer. Sedangkan Holgado tersungkur di gravel. Meski dapat melanjutkan kualifikasi kedua, kecepatannya tak cukup untuk membawa penantang gelar tersebut ke barisan depan. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jaume Masia.

Sang pembalap Leopard Racing membubuhkan waktu lap 2 menit 10,846 detik. Tidak hanya membuatnya cetak rekor lap baru, tetapi juga menjadikannya sebagai perebut posisi pole. Posisi kedua ditempati Veijer, disusul Matteo Bertelle yang berhasil mengamankan baris depan. Italiano mengungguli Ivan Ortola dalam kualifikasi kedua.

Baca Juga:  Moto3 Malaysia 2023: Tak Terkalahkan, Jaume Masia Masih Mendominasi

Sementara itu, Ayumu Sasaki menempati grid di posisi kelima, di depan Rueda dan Joel Kelso yang mengklaim posisi keenam dan ketujuh. Sementara posisi kedelapan sesi kualifikasi detempati David Munoz, Deniz Oncu di posisi kesembilan dan Diogo Moreira yang melengkapi daftar sepuluh besar sesi kualifikasi Moto3 Malaysia 2023.

Adapun, Holgado harus puas menghuni start ke-17. Tak pelak, ia perlu bekerja keras memulihkan posisi saat perlombaan nanti. Berikut daftar sepuluh besar kualifikasi Moto3 Malaysia 2023.

 Daftar 10 Besar Kualifikasi Moto3 Malaysia 2023

1 JAUME MASIA (LEOPARD RACING) 2:10.846
2 Collin Veijer (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) +0.906
3 Matteo Bertelle (Rivacold Snipers Team) +0.932
4 Ivan Ortola (Angeluss MTA Team) +1.053
5 Ayumu Sasaki (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) +1.156
6 Jose Rueda (Red Bull KTM Ajo) +1.267
7 Joel Kelso (CFMOTO Racing PruestelGP) +1.269
8 David Muñoz (BOE Motorsports) +1.383
9 Deniz Öncü (Red Bull KTM Ajo) +1.394
10 Diogo Moreira (MT Helmets – MSI) +1.396

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU