Mengapa Pemain Sepakbola Berjumah 11 Orang?

Semuanya berawal dari Calcio Fiorentino, bentuk sepak bola kuno atau sepak bola zaman dahulu yang menjadi cikal bakal sepak bola modern.

Pada awalnya, permainan ini melibatkan 27 pemain dengan 5 orang di antaranya sebagai kiper. Dengan kerumunan 27 pemain berhadapan satu sama lain, pertandingan terlihat kacau karena jumlah peserta yang banyak di lapangan.

Seiring berjalannya waktu, terjadi evolusi terkait jumlah pemain dalam permainan sepak bola. Perubahan ini mulai terjadi sekitar abad pertengahan, di mana jumlah pemain bervariasi antara 15 dan 21 orang.

Namun, perubahan signifikan terjadi pada tahun 1870, di mana disepakati bahwa hanya akan ada satu kiper di lapangan. Seiring dengan itu, jumlah pemain dalam olahraga sepak bola ditetapkan menjadi 11 orang, standar yang masih berlaku hingga saat ini.

Perubahan ini tidak hanya membawa keteraturan dalam pertandingan, tetapi juga memberikan fondasi bagi bentuk modern sepak bola yang kita kenal saat ini.

Macam-Macam Posisi Pemain Sepak Bola

  • Penjaga gawang adalah pemain yang bertanggung jawab menjaga gawang dan mencegah lawan mencetak gol. Mereka adalah satu-satunya pemain yang diizinkan menyentuh bola dengan tangan di dalam area penalti.
  • Bek adalah pemain yang fokus pada pertahanan dan mencegah lawan mencetak gol. Biasanya memiliki postur tubuh yang tinggi dan kuat.
  • Bek tengah memiliki tanggung jawab yang sama dengan bek pada umumnya, tetapi seringkali memiliki kemampuan membaca permainan dan mengantisipasi serangan lawan.
  • Bek sayap membantu pertahanan dan turut serta dalam serangan. Mereka cenderung memiliki kecepatan dan kemampuan dribbling yang baik.
  • Gelandang bertahan bertanggung jawab atas penguasaan bola dan mengatur serangan, seringkali dengan kemampuan fisik yang baik dan passing yang akurat.
  • Gelandang tengah memiliki peran yang mirip dengan gelandang bertahan, namun seringkali lebih terlibat dalam mengatur tempo pertandingan dan membaca permainan.
  • Gelandang serang fokus pada membantu serangan dan mencetak gol, seringkali memiliki kemampuan dribbling yang baik dan akurasi finishing.
  • Penyerang bertugas untuk mencetak gol, biasanya memiliki kemampuan dribbling dan finishing yang akurat, serta kecepatan dan kemampuan untuk menemukan celah di pertahanan lawan.
Baca Juga:  Ukuran Bola Basket Sesuai Standar FIBA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU