Man City Diuntungkan Sejarah saat Perburuan Gelar Semakin Ketat

Arsenal menghadapi tantangan berat di perebutan gelar Liga Inggris

Arsenal berhasil membawa persaingan gelar Liga Inggris hingga hari terakhir musim ini, tetapi sejarah tidak menguntungkan bagi tim Mikel Arteta jika mereka ingin menghentikan Manchester City mencetak sejarah.

Kemenangan 2-0 Manchester City atas Tottenham Hotspur Selasa lalu, merupakan kemenangan kedelapan berturut-turut City di liga, membuat mereka unggul dua poin dari Arsenal. Jika mereka mengalahkan West Ham United, City dipastikan akan meraih gelar keempat berturut-turut, sesuatu yang belum pernah terjadi dalam sepak bola Inggris.

Arsenal, yang hampir tidak melakukan kesalahan sejak awal tahun, akan menjamu Everton dan membutuhkan kemenangan serta bantuan besar dari West Ham agar bisa meraih gelar pertama mereka dalam 20 tahun terakhir.

Situasi ini sangat berbeda dengan musim lalu, ketika Arsenal terpuruk di bawah tekanan City dan mereka memenangkan gelar dengan selisih lima poin, memastikan gelar jauh sebelum akhir musim.

Arsenal akan tetap berharap, tetapi City sudah terbiasa dengan situasi ini dan ahli dalam menyelesaikan masalah ini.

Sembilan kali persaingan gelar Liga Inggris berlangsung hingga pekan terakhir dengan City terlibat dalam empat yang terakhir, dan setiap kali mereka menjadi juara. Tidak ada tim yang terlibat dalam perburan gelar di posisi kedua yang memenangkan gelar.

City mengalahkan West Ham 2-0 di kandang pada 2014 untuk memastikan gelar, tetapi itu tidak selalu mudah. Pada 2012, mereka membutuhkan gol Sergio Aguero di waktu tambahan untuk menang 3-2 atas Queen’s Park Rangers dan menggagalkan Manchester United, momen yang sangat bersejarah.

Pada 2022, mereka tertinggal 2-0 di kandang Aston Villa pada hari terakhir tetapi membalas dengan tiga gol dalam enam menit untuk membuat kemenangan 3-1 Liverpool atas Wolverhampton Wanderers menjadi tidak berarti.

Baca Juga:  Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia U-17 Ikuti TC Di Jerman

“Ini belum selesai,” kata Kyle Walker, kapten sementara setelah cedera Kevin de Bruyne, kepada situs klub. “Bisa saja ada kejutan atau perubahan? Siapa tahu? Sampai peluit akhir berbunyi melawan West Ham, itulah saat saya akan membayangkan naik untuk mengambil trofi.”

Keraguan De Bruyne

City berharap De Bruyne pulih dari cedera pergelangan kaki yang dialaminya di Tottenham sementara kiper Ederson juga diragukan setelah cedera kepala.

Arsenal masih punya sedikit harapan karena selisih gol mereka lebih baik dari City, yang berarti jika mereka mengalahkan Everton dan City hanya bermain imbang, Arsenal akan memenangkan gelar.

Ada hal lain yang perlu diselesaikan pada hari Minggu. Aston Villa, yang bertandang ke Crystal Palace, telah memastikan tempat keempat dan lolos ke Liga Champions, tetapi Tottenham Hotspur yang berada di posisi kelima membutuhkan satu poin di kandang Sheffield United yang sudah terdegradasi untuk memastikan tempat kelima dan Liga Europa.

Kekalahan Tottenham bisa membuat Chelsea naik ke posisi kelima jika mereka mengalahkan Bournemouth di kandang.

Chelsea yang berada di posisi keenam unggul tiga poin dari Newcastle United yang bertandang ke Brentford. Posisi keenam mungkin cukup untuk Liga Europa jika Manchester City memenangkan Piala FA, sehingga masih banyak yang dipertaruhkan untuk tempat di Eropa.

Manchester United yang berada di posisi kedelapan bisa mendapatkan tempat di Eropa jika mereka menang di Brighton & Hove Albion dan Newcastle kehilangan poin di Brentford.

Di bagian bawah klasemen, degradasi hampir pasti dengan Luton yang berada di posisi ke-18 perlu mengalahkan Fulham, berharap Nottingham Forest kalah dari Burnley yang sudah terdegradasi, dan membalikkan defisit 12 gol untuk tetap berada di liga utama.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Logo Liverpool

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA