Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Berharap Teruskan Tren Positif di Putaran Ketiga

Dalam fase kualifikasi Asia, Indonesia telah menunjukkan penampilan yang baik, mencapai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan berada di Grup C bersama dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Tiongkok.

Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia, sebuah negara kepulauan dengan sejarah debut di Piala Dunia 1938, masih berharap untuk mencapai putaran final turnamen tersebut. Dengan jumlah kontestan yang bertambah menjadi 48 tim, kesempatan untuk timnas Indonesia makin terbuka menuju Piala Dunia 2026.

Dalam fase kualifikasi Asia, Indonesia telah menunjukkan penampilan yang baik, mencapai putaran ketiga dan berada di Grup C bersama dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Tiongkok. Meski memiliki peringkat FIFA yang lebih rendah (134), Indonesia tetap berharap dapat membuat penampilan kedua di Piala Dunia.

Kinerja timnas Indonesia didukung oleh skuad yang unik, dengan perpaduan pemain muda dan pengalaman. Pemain-pemain muda seperti Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman telah menunjukkan potensi mereka di Piala Asia AFC 2023 dan Piala Asia AFC U-23 2023.

Pelatih Shin Tae-yong juga berperan penting dalam mengembangkan tim. Sejak mengasuh tim pada 2020, ia telah membantu meningkatkan posisi Indonesia dari peringkat dunia ke-173 menuju ke-134.

Optimisme kian memuncak menjelang dimulainya putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar mulai 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025. Jay Idzes, bek timnas Indonesia berdarah Belanda, telah bertekad untuk membuat Indonesia menjadi tim yang disegani di kancah global.

“Itu yang coba kami lakukan, kami berupaya untuk menempatkan Indonesia di peta dunia sepak bola,” kata Idzes dikutip dari laman FIFA. “Saya pikir Indonesia telah memiliki generasi-generasi yang baik sebelum ini dan kami berusaha untuk meningkatkannya setiap hari, setiap tahunnya,” tambahhnya.

Lolos ke putaran final di Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Kanada akan mempertegas apa yang dimaksud oleh Idzes. Apabila Indonesia bisa meneruskan momentum positif yang telah mereka capai sejauh ini, maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk bisa menghadirkan kejutan.

Baca Juga:  Piala Dunia U-17: Timnas U-17 Akan Jalani Latihan Terakhir Sebelum Laga Perdana

Namun, terlepas dari apa pun hasil akhirnya, kampanye kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini sudah menandai langkah maju yang signifikan bagi sepak bola Indonesia. Pengalaman yang diperoleh para pemain muda menghadapi persaingan di level tertinggi akan sangat berharga untuk perkembangan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU