Ini 5 Negara yang Paling Banyak Gunakan Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

5 negara yang paling banyak gunakan pemain naturalisasi dan keturunan di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia jelas bukan paling banyak!

Meskipun terjadi perdebatan mengenai peran pemain lokal, keturunan, dan naturalisasi di Timnas Indonesia, faktanya, mereka bukanlah peserta Piala Asia 2023 yang paling banyak menggunakan pemain naturalisasi dan keturunan.

1. Timnas Malaysia

Negara yang paling banyak memanfaatkan pemain naturalisasi dan keturunan di Piala Asia 2023 adalah Timnas Malaysia. Skuad yang diasuh oleh Kim Pan-gon mencatatkan penggunaan jasa hingga 14 pemain dengan latar belakang naturalisasi dan keturunan.

Di antara 14 pemain tersebut, empat di antaranya merupakan pemain naturalisasi, yaitu Endrick Dos Santos, Mohamadou Sumareh, Paulo Josue, dan Romel Morales. Sementara itu, sepuluh pemain lain berasal dari keturunan Malaysia, seperti Matthew Davies, Daniel Ting, Dominic Tan, dan Dion Cools.

2. Palestine

Negara selanjutnya yang mencatat penggunaan pemain keturunan dan naturalisasi adalah Timnas Palestina. Singa Kanaan, tim asal Palestina, tercatat memasukkan 11 pemain dengan latar belakang keturunan dan naturalisasi dalam skuadnya. Kehadiran pemain-pemain ini tidak terlepas dari konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel.

Dampaknya, sejumlah pemain Palestina lahir di luar negeri dan memilih untuk mewakili Tanah Air orang tua mereka. Antisipasi dan harapan pun tinggi untuk melihat bagaimana Timnas Palestina akan tampil di Piala Asia 2023.

3. Timnas Australia

Ditilik dari sejarahnya, Australia memang dikenal sebagai negara yang menampung cukup banyak pengungsi, baik dari Timur Tengah maupun Eropa Timur. Bahkan, sebelumnya, Negeri Kanguru juga berfungsi sebagai tempat pembuangan bagi narapidana dari Inggris.

Dampak dari keragaman populasi tersebut, Timnas Australia memiliki cukup banyak pemain keturunan. Skuad yang diasuh oleh Graham Arnold dalam Piala Asia 2023 mencatatkan kehadiran sembilan pemain dengan latar belakang keturunan, mencerminkan keragaman budaya dan sejarah migrasi yang menjadi bagian integral dari identitas sepakbola Australia.

Baca Juga:  Ranking FIFA Terbaru 24 Tim Peserta Piala Asia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

4. Timnas Indonesia

Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 menampilkan delapan pemain dengan latar belakang naturalisasi dan keturunan. Pemain-pemain tersebut meliputi Elkan Baggott, Jordi Amat, Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Sandy Walsh, dan Marc Klok.

Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan tambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia.

5. Timnas Suriah

Suriah membawa delapan pemain naturalisasi dan keturunan di Piala Asia 2023, mencerminkan dampak perang yang memaksa banyak warganya mengungsi. Keberadaan mereka menambah dinamika tim, dan kiprah Suriah di turnamen ini menjadi hal yang dinantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU