FIA Umumkan Regulasi Mobil F1 Terbaru untuk 2026

Dimensi mobil juga mengalami perubahan dengan membuatnya lebih kompak. Wheelbase atau jarak sumbu roda akan lebih pendek sebesar 200 mm, sementara lebar mobil akan berkurang sebesar 100 mm.

Regulasi mobil F1 terbaru. Federasi Otomotif Internasional (FIA) akhirnya mengungkap detail lengkap regulasi mobil Formula 1 (F1) terbaru yang akan diterapkan mulai musim 2026. Perubahan besar terjadi dalam desain, ukuran, bobot, serta komponen penting lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa sambil memperhatikan aspek ramah lingkungan.

Menurut informasi dari situs resmi F1 yang dilansir pada Kamis (6/6/2024), salah satu perubahan signifikan adalah penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Mobil F1 mulai 2026 akan menggunakan bahan bakar yang sepenuhnya bersifat ramah lingkungan, sebagai upaya untuk mengurangi jejak karbon.

Lebih Ringan dan Kecil

Selain itu, bobot mobil juga mengalami penurunan sekitar 30 kg dibandingkan dengan mobil saat ini. Penurunan bobot ini diharapkan dapat meningkatkan manuverabilitas mobil, terutama saat menikung di lintasan balap.

Bukan hanya itu saja, dimensi mobil juga mengalami perubahan dengan membuatnya lebih kompak. Wheelbase atau jarak sumbu roda akan lebih pendek sebesar 200 mm, sementara lebar mobil akan berkurang sebesar 100 mm.

Perubahan juga terjadi pada ukuran ban, meskipun tetap menggunakan ukuran 18 inch. Profil ban menjadi lebih tipis, dengan penipisan 25 mm untuk ban depan dan 30 mm untuk ban belakang. Hal ini diharapkan akan memengaruhi downforce dan drag mobil, dengan downforce yang berkurang 30 persen dan drag yang berkurang 55 persen.

Sementara itu, perubahan signifikan juga terjadi pada sektor mesin. Mesin yang digunakan tetap V6 Turbo Hybrid dengan kapasitas 1.600cc, namun komponen MGU-H dihilangkan dan baterai Hybrid diperbesar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan performa mobil secara signifikan serta memberikan emisi yang lebih baik.

Tidak hanya itu, fitur baru bernama “Overdrive Manual” akan diperkenalkan, yang memungkinkan pembalap untuk menyalip mobil dengan mudah hanya dengan menggunakan motor listrik. Selain itu, rangka mobil juga diperkuat untuk meningkatkan faktor keamanan.

Baca Juga:  Kejuaraan Renang IOAC 2023: Joe Aditya Pecahkan Rekor Sebagai Perenang Terbaik

Regulasi F1 2026 ini diharapkan dapat menciptakan mobil balap F1 yang lebih baik, dengan harapan menghadirkan balapan yang lebih menarik, lebih banyak aksi overtake, dan meningkatkan faktor keamanan bagi para pembalap. Semua ini merupakan langkah penting dalam menghadapi tantangan masa depan balapan Formula 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU