Fermin Aldeguer Dapat Dukungan Aleix Espargaro di MotoGP

Sederat nama bermunculan untuk mengisi posisi rider tim pabrikan Honda itu. Namun, pembalap muda Moto2, Fermin Aldeguer menjadi salah satu kandidat terkuat yang dirumorkan menjadi pengganti Marc Marquez.

Fermin Aldeguer menjadi salah satu nama yang muncul sebagai kandidat pengganti Marc Marquez di tim pabrikan Honda. Pemenang Moto2 Thailand 2023 itu menjadi kendidat terkuat yang akan menggantikan Marc Marquez pada MotoGP 2024.

Saat ini, tim pabrikan Honda masih belum menemukan pengganti juara dunia delapan kali, Marc Marquez untuk MotoGP 2024. Seperti diketahui, Marquez memutuskan untuk hengkang dan bergabung ke tim satelit Ducati, yakni Gresini Racing.

Kepergian Marquez membuat tim pabrikan Honda harus mencari rider pengganti untuk MotoGP 2024 nanti. Sederat nama bermunculan untuk mengisi posisi rider tim pabrikan Honda itu. Namun, pembalap muda Moto2, Fermin Aldeguer menjadi salah satu kandidat terkuat yang dirumorkan menjadi pengganti Marc Marquez.

Aleix Espargaro Beri Dukungan

Pemenang MotoGP tiga kali, Aleix Espargaro menilai bahwa Fermin Aldeguer punya kemampuan dan aksinya sangat cepat. “Fermin siap, dia sangat cepat. Dalam balapan terakhir dia menunjukkan betapa cepatnya dia. Dia sedikit mengingatkan saya pada Fabio (Quartararo) dengan gayanya di motor, juga cara yang sama untuk ke MotoGP,” kata Espargaro pada Kamis 9 November 2023 di Malaysia dikutip dari laman motoGP.

Meski mendapat dukungan, Espargaro memberikan peringatan kepada Aldeguer tentang tujuannya sebelum megambil tawaran tim pabrikan Honda nantinya. Fermin Aldeguer sendiri saat ini masih berusia 18 tahun. Tentu hal ini membuat dirinya punya banyak kesempatan untuk melangkah ke motoGP. Terlebih lagi, sosok Aldeguer sendiri telah menarik banyak perhatian sejak debut di kelas menengah pada 2021.

“Dia berusia 18 tahun, jadi secara mental dia belum siap. Secara teknis, dia adalah pembalap yang cepat dan saya pikir dia bisa menjadi cepat di motoGP dengan cukup mudah. Namun untuk bergelut dengan motor yang masih belum kompetitif, saya belum tahu apakah mentalnya sudah siap,” kata Aleix Espargaro.

Baca Juga:  Aldeguer dan Espargaro Masuk Daftar Honda untuk Musim 2024

Fermin Aldeguer Pembalap Hebat

“Dia belum menanyakan pendapat saya dan saya sangat senang dia tidak menanyakannya karena itu adalah jawaban yang sangat sulit. Saya akan mengatakan ya, ambillah kesempatan ini. Itu adalah pabrikan. Namun, semua kontrak kami akan habis pada akhir 2024 dan ia dapat menjadi Juara Dunia pada saat itu, dan kemudian naik ke peringkat teratas. Tapi siapa bilang dalam satu atau dua tahun Honda tidak akan menang lagi? Jadi, ini sangat, sangat sulit baginya,” kata Aleix.

Espargaro mengakui, bahwa dirinya adalah penggemar Aldeguer. “Saya suka dia selalu bekerja sendiri. Dia tidak pernah mengikuti seseorang. Anda biasanya tidak melihat hal ini pada pembalap muda. Ini sangat penting. Meski mentalnya masih bisa berkembang, menurut saya dia sangat kuat. Dia jelas sangat cepat dalam hal teknis, tapi secara mental dia kuat,” ucap Espargaro.

Setelah meraih kemenangan perdana dalam Kejuaraan Dunia di GP Inggris 2023, Aldeguer saat ini telah mengemas tiga podium beruntun, termasuk kemenangan yang membawanya bertengger pada peringkat keenam klasemen kejuaraan. Kinerja mengesankan itulah yang membuat Spaniard muda menarik perhatian di kelas premier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA