Collin Veijer Torehkan Sejarah di Moto3 Malaysia 2023

Collin Veijer torehkan sejarah di Moto3 Malaysia 2023. Ia pun berhasil jadi pemenang dengan keunggulan 0,066 detik. Ia menjadi pembalap Belanda pertama yang memenangi balap moto Grand Prix sejak Hans Spaan GP Ceko 1990 silam.

Collin Veijer torehkan sejarah usai meraih kemenangan pada Moto3 Malaysia 2023. Dalam bapalan race Moto3 yang berlangsung di Sepang International Circuit pada Minggu 12 November 2023 itu Collin Veijer berhasil meraih posisi pertama. Pembalap Intact GP itu mampu mengeser posisi rekan setimnya, Ayumu Sasaki dan polesitter, Jaume Masia.

Balapan kelas menengah itu dibuka langsung dengan aksi manuver Veijer terhadap rider Leopard Racing, Jaume Masia selepas lampu start padam. Pembalap muda Belanda itu merebut posisi terdepan setelah start dari urutan ketiga.

Sedangkan Sasaki berada dalam lima besar di belakang rider Angeluss MTA Team, Ivan Ortola dan rider Red Bull KTM Ajo, Deniz Oncu. Penantang gelar juara lainnya, Daniel Holgado naik ke posisi empat belas pada rice Moto3 Malaysia 2023.

Saat memasuki Lap dua, Masia merebut posisi pertama. Aksi rider polesitter itu langsung diikuti Sasaki melewati Veijer di tikungan Sembilan. Ayumu Sasaki mengkalim posisi kedua. Kemudia, pembalap asal Jepang itu berhasil mengambil alih status pimpinan balap pada lap berikutnya.

Namun, Sasaki mendapat perlawanan sengit dari Masia. Rekan setim Veijer juga membayangi dengan ketat. Sementara itu, Holgado berupaya keras masuk sepuluh besar demi jaga harapan gelarnya.

Walau menerima serangan kuat dari Veijer dan Masia, Sasaki bisa mengatasinya. Mendekati pertengahan balapan, sang pembalap Intact GP itu tampak nyaman memimpin di depan. Pada tahap ini, posisinya juga terbilang cukup aman. Mengingat, dua rival David Alonso dan Holgado terlibat insiden di tikungan empat pada Lap lima.

Torehkan Sejarah

Alonso highside, membuat Holgado ikut terjatuh lantaran tak dapat menghindari insiden kecelakaan Spaniard. Enam lap tersisa. Perebutan kemenangan serta podium makin meningkat. Di luar dugaan, rider Rivacold Snipers Team, Matteo Bertelle ikut meramaikan persaingan dalam leading group.

Debutan asal Spanyol, Jose Antonio Rueda bahkan ikut memanaskan pertarungan Sasaki, Masia dan Veijer. Begitu pula halnya dengan Oncu. Drama kemudian terjadi pada tiga lap terakhir.

Baca Juga:  Jadwal Tes Pramusim Moto2 dan Moto3 2024

Oncu dan Rueda kontak di dikungan 15. Insiden keduanya menyeret Bertelle. Sementara trio Sasaki, Veijer dan Masia bersaing sengit demi podium tertinggi. Sasaki berusaha keras melepaskan diri dari kedua rivalnya. Akan tetapi Veijer terus memberikan tekanan. Sementara Masia mengamati kedua lawannya dari posisi ketiga.

Perlombaan race Moto3 Malayasia 2023 mecapai puncak pada lap terakhir. Veijer melancarkan manuver overtaking kepada Sasaki. Sang rekan setim mencoba untuk membalas, namun rapatnya pertahanan membuat Sasaki tak mendapat celah untuk menyalip.

Collin Veijer torehkan sejarah di Moto3 Malaysia 2023. Ia pun berhasil jadi pemenang dengan keunggulan 0,066 detik. Ia menjadi pembalap Belanda pertama yang memenangi balap moto Grand Prix sejak Hans Spaan GP Ceko 1990 silam.

Sementara itu, Ayumu Sasaki harus puas finis kedua, disusul Masia yang melengkapi podium diurutan ketiga. Meski hanya finis di posisi ketiga dan keunggulannya dipangkas Ayumu Sasaki menjadi 13 poin, namun Jaume Masia justru memiliki match point pertama untuk menyegel gelar Juara Dunia Moto3 di Lusail pada akhir pekan depan.

Sementara peluang Daniel Holgado merebut posisi juara sudah tertutup sama seperti David Alonso. Putaran 19 dijadwalkan berlangsung di Lusail International Circuit dalam event bertajuk Qatar Airways Grand Prix of Qatar pada 17 hingga 19 November 2023.

Daftar 10 Besar Race Moto3 Malaysia 2023

1 COLLIN VEIJER (LIQUI MOLY HUSQVARNA INTACT GP)  
2 Ayumu Sasaki (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) +0.066
3 Jaume Masia (Leopard Racing) +0.328
4 Iván Ortola (Angeluss MTA Team) +6.830
5 David Munoz (BOE Motorsports) +6.878
6 Adrian Fernandez (Leopard Racing) +7.191
7 Xavier Artigas (CFMOTO Racing PruestelGP) +7.354
8 Joel Kelso (CFMOTO Racing PruestelGP) +7.400
9 Filippo Farioli (Red Bull KTM Tech3) +11.175
10 Ryusei Yamanaka (GASGAS Aspar Team) +11.287
Baca Juga:  Daniel Holgado Jadi Pembalap Tercepat, Geser Posisi Jaume Masia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA