Cetak Sejarah, Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Ini merupakan kali pertama tim skuad Garuda berhasil tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023 usai Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1 pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/) malam.

Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Sementara Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo. Hasil imbang ini membuat Oman berhasil finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua.

Oman sendiri berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga. Piala Asia 2023 sendiri memberikan jatah pada empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur.

Saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat tim terbaik. Dengan demikian, Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023. Ini merupakan kali pertama tim skuad Garuda berhasil tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan dalam Piala Asia.

Indonesia Lolos 16 Besar

Dikutip dari laman resmi PSSI, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa lolosnya tim asuhannya berkat kerja keras tim selama ini. Ia merasa senang karena tim asuhannya bisa lolos ke fase gugur Piala Asia 2023.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata Shin Tae-yong.

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” sambungnya.

Sementara itu, kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam bersyukur atas pencapaian yang mereka dapatkan saat ini. “Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” kata Asnawi Mangkualam.

Baca Juga:  Piala Dunia U-17: Timnas U-17 Akan Jalani Latihan Terakhir Sebelum Laga Perdana

Selanjutnya, pada babak 16 besar, skuad Garuda akan berhadapan dengan Australia. Duel kedua tim akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA