Bisakah Pemain Bola yang Diganti Kembali Bermain?

Aturan pergantian pemain dalam sepak bola telah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk jumlah pemain yang dapat diganti dan waktu dalam pertandingan ketika pergantian dapat dilakukan.

Hal ini terkadang sulit diikuti, terutama mengingat banyaknya kompetisi yang disiarkan di TV setiap minggu, seperti Liga Primer, Liga Champions, La Liga, dan turnamen internasional. Berikut Aturan pergantian pemain dalam sepak bola.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai peraturan pergantian pemain dalam sepak bola. Kami akan menjelaskan berapa kali pergantian dapat dilakukan dalam satu pertandingan, serta aturan tambahan yang mempengaruhi strategi penggunaan pemain pengganti.

Apa itu Pergantian Pemain?

Dalam sepak bola, pergantian pemain adalah ketika seorang pemain diganti oleh pemain lain dari tim yang sama selama pertandingan. Pergantian ini bisa terjadi kapan saja dalam pertandingan, meskipun lebih sering dilakukan pada babak pertama atau kedua ketika bola keluar dari lapangan dan permainan dihentikan.

Alasan pergantian pemain bervariasi; bisa karena strategi, cedera, atau kelelahan pemain. Aturan pergantian pemain pertama kali dimasukkan dalam peraturan permainan pada tahun 1958. Sebelumnya, pemain harus tetap bermain meskipun cedera, atau tim harus bermain dengan jumlah pemain yang kurang.

Berapa Banyak Pergantian Pemain yang Diizinkan dalam Sepak Bola?

Pandemi Covid-19 membawa dampak besar pada sepak bola. Salah satu perubahan signifikan adalah jumlah pergantian pemain yang diizinkan dalam pertandingan. Sebelum pandemi, kebanyakan liga hanya mengizinkan tiga pergantian pemain.

Namun, akibat padatnya jadwal pertandingan setelah pembatasan wilayah dan pembatalan pertandingan, tekanan meningkat untuk mengizinkan lebih banyak pergantian pemain guna mengurangi risiko cedera.

Saat ini, sebagian besar kompetisi elit mengizinkan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan. Perubahan ini mendapat tanggapan beragam, dengan beberapa pihak berpendapat bahwa hal ini menguntungkan klub besar yang memiliki kedalaman skuad lebih baik. Namun, lima pergantian pemain sekarang menjadi standar di banyak liga papan atas.

Baca Juga:  Daftar 22 Pemain Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kapan Pergantian Pemain Dapat Dilakukan?

Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja selama pertandingan yang berlangsung selama 90 menit. Pelatih hanya memiliki tiga kesempatan untuk melakukan pergantian pemain, meskipun diizinkan untuk mengganti hingga lima pemain.

Misalnya, jika pergantian dilakukan pada menit ke-45 dan ke-75, pelatih hanya memiliki satu kesempatan lagi untuk pergantian pemain meskipun masih bisa mengganti hingga tiga pemain.

Dalam pertandingan yang berlanjut ke babak tambahan waktu, beberapa kompetisi memberikan kesempatan tambahan untuk pergantian pemain guna mengurangi risiko cedera. Aturan resmi menyatakan bahwa tim yang belum menggunakan semua pergantian pemain dapat melakukannya di babak tambahan, dan beberapa kompetisi mengizinkan satu pergantian tambahan selama waktu tersebut.

Bisakah Pemain yang Diganti Kembali Bermain?

Pada tingkat amatir dan muda, pergantian pemain bergilir sering diizinkan, memungkinkan pemain untuk masuk dan keluar sepanjang pertandingan. Namun, pada tingkat profesional, setelah seorang pemain diganti, mereka tidak diizinkan kembali bermain dalam pertandingan tersebut. Mereka akan bergabung dengan rekan tim dan staf pelatih di bangku cadangan hingga pertandingan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU