Arti Logo PSSI, Simbol Pemersatu Sepak Bola Indonesia

Lembaga yang bertugas untuk mengurus perkembangan sepakbola di Indonesia adalah PSSI.

Arti Logo PSSI. Pada 19 April 1930, sejarah PSSI, atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, dimulai di Yogyakarta. Lembaga ini lahir di era penjajahan Belanda dan berkembang menjadi payung organisasi bagi tim sepakbola di seluruh Indonesia.

PSSI terbentuk dengan tujuan utama menentang penjajahan di Indonesia dan menggalang semangat nasionalisme di kalangan pemuda-pemudi. Peran kunci dalam pembentukan PSSI dipegang oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Soeratin, lulusan Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927, kembali ke tanah air pada tahun 1928.

Meskipun bekerja sebentar di perusahaan Belanda di Yogyakarta, Soeratin kemudian menemukan panggilan sepakbola sebagai alat untuk mempersatukan bangsa dan melawan penjajah. Melalui pertemuan-pertemuan rahasia di Solo, Yogyakarta, dan Bandung, Soeratin bersama tokoh-tokoh seperti Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo, A Hamid, dan Soekarno (bukan Bung Karno) menciptakan gagasan membentuk organisasi yang menghimpun dunia sepakbola di Indonesia.

Pada 19 April 1930, melalui kongres PSSI di Solo, Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI) secara resmi berdiri. Nama ini kemudian diubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Ir. Soeratin diumumkan sebagai Ketua Umum PSSI yang pertama, mengawali perjalanan panjang organisasi tersebut dalam memajukan sepakbola Indonesia.

Arti dan Makna Logo PSSI

arti logo pssi
Logo PSSI

Makna logo PSSI mencerminkan nilai-nilai dan simbol-simbol yang mendalam:

Lingkaran Arti Logo PSSI

Simbol Persatuan, menunjukkan kesatuan dalam dunia sepakbola.

Padi

Arti Logo PSSI

Menggambarkan sendi kehidupan bangsa Indonesia, menekankan arti penting peran sepakbola dalam kehidupan masyarakat.

Warna Kuning Emas

Arti Logo PSSI

Melambangkan kemurnian, memberikan makna kesucian dalam olahraga.

Bunga teratai

Arti Logo PSSI

Merepresentasikan kesucian, merujuk pada simbol yang umum digunakan oleh bangsa-bangsa Asia sebagai landasan moral.

Ombak dan Gelombang

Melukiskan air atau pergolakan jiwa yang selalu bergerak dan dinamis dalam perkembangan sepakbola.

Baca Juga:  Arti Logo Borneo FC: Datang, Lawan, Menang!

Akar Hijau

Simbolizes akar PSSI pada bunga teratai, menandakan dasar organisasi yang suci dalam olahraga. Warna hijau pada akar menggambarkan keberlanjutan, kebijaksanaan, dan semangat yang selalu muda dan penuh harapan.

Latar Biru

Arti Logo PSSI

Menggambarkan elemen alam seperti udara, laut, dan gunung, yang mencerminkan keberadaan PSSI di dalam lingkungan alam Indonesia. Ini mengajarkan kesetiaan kepada tanah air dan tumpah darah.

Bola

Arti Logo PSSI

Simbol bola sepakbola mencerminkan identitas diri organisasi, menunjukkan bahwa PSSI adalah entitas yang berkaitan dengan dunia sepakbola.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA