5 Film Olahraga Terbaik Diangkat dari Kisah Nyata

Ini adalah 5 film bergenre olahraga yang bisa mengispirasi. Meski bergenre olahraga, film nih tentu saja diwarnai dengan drama yang akan membuatnya semakin menarik untuk di tonton. Menariknya lagi, film ini diangkat dari kisah nyata.

Banyak cara untuk mendapatkan inspirasi. Film bisa memberikan persepsi yang berbeda dalam hidup, termasuk dalam olahraga. Banyak film yang bisa menjadi pilihan untuk di tonton, sekaligus memberikan pengalaman hidup.

Berbagai genre film pun tersedia, termasuk olahraga. Berikut 5 film olahraga terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Semoga menginspirasi!

1. Coach Carter (2005)

Coach Carter
Coach Carter

Coach Carter adalah salah satu film olahraga yang tayang pada 2005. Film ini terinspirasi dari kisah nyata Ken Carter. Ia merupakan seorang pelatih basket yang cukup disiplin. Dalam film tersebut Ken Carter menjadi seorang pelatih tim bola basket Richmond High School, Richmond Oilers.

Sebelumnya ia adalah mantan pemain tim tersebut. Tim basket ini dikenal sebagai tim yang kasar dan tidak sopan. Saat Ken menjadi pelatih, ia berusaha mengubah semua itu. Tak hanya di lapangan basket, ken juga berusaha mengubah timnya saat di kelas.

Untuk itu, semua pemain yang mengikuti basket diwajibkan duduk di barisan paling depan di semua kelas mereka. Ken juga mewajibkan timnya mempertahankan nilai yang mereka peroleh.

Tak hanya itu, sebagai pelatih, ia bahkan meminta staf sekolah untuk melaporkan kemajuan nilai dan kehadiran pemain di kelas. Ken pun tidak segan untuk menghukum pemain yang tidak disiplin dan melanggar peraturan yang dibuatnya.

2. The Fighter (2010)

Film olahraga The Fighter
Film olahraga The Fighter

Rasanya sayang jika melewatkan film yang satu ini. Film The Fighter dirilis pada 2010. Film ini masuk dalam daftar film motivasi olahraga yang  menceritakan tentang kisah nyata seorang petinju bernama Micky Ward. Ia adalah seorang yang ingin menjadi petinju profesional.

Dalam mewujukkan impiannya sebagai petinju professional tersebut Micky Ward dibantu sang kakak, Dicky Eklund. Dalam film itu, Dicky sebagai seorang kakak menjadi pelatih untuk Micky Ward.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Drama Korea Olahraga Terbaik dan Mengispirasi

Dicky sendiri dulunya adalah petinju. Ia bahkan sempat bertanding dengan Sugar Ray Leonard. Tapi karirnya dalam dunia tinju tidak berjalan mulus. Karirnya Dicky hancur akibat obat terlarang. Itu sebabnya, ia bertekat untuk menjadikan sang adik sebagai juara.

Tak hanya sebagai keinginan sang adik, hal itu sengaja ia lakukan untuk mewujudkan impiannya dulu yang gagal dalam dunia tinju. Sementara itu ibu Micky, Alice menjadi manajer Micky. Awalnya semua berjalan lancar.

Namun, dalam beberapa pertandingan Micky mengalami kekalahan. Kekalahan itu membuat ia menyadari satu hal. Jika ia terus bersama ibu dan kakaknya, karirnya tidak akan berhasil. Micky kemudian bertemu dengan Charlene. Ia merupakan wanita pelayan bar.

Pertemuan itu mebuat keduannya jatuh cinta dan menjalin hubungan asmara. Semanjak saat itu, Micky pun mulai yakin dan berani mengutarakan niatnya kepada ibu dan kakaknya. Hal ini membuat hubungan keluarga itu mulai pecah.

3. 42 (2013)

Film olahraga 42
Film olahraga 42

Film 42 ini diambil berdasarkan kisah nyata kehidupan Jackie Robinson. Ia merupakan seorang atlet Afro Amerika pertama yang bermain dalam liga profesional baseball Amerika. Dalam film yang rilis pada 2013 tersebut menampilkan sosok Jackie Robinson yang sedang menghadapi ujian mental dan isu rasisme.

Situasi itu membuat dirinya begitu tertekan. Namun, perang mental yang dihadapi Jackie Robinson membuat dirinya begitu banyak belajar tentang bagaimana mengontrol emosi. Terlebih lagi, ia harus melupakan kejahatan tentang isu rasisme yang akan merugikan dirinya sendiri.

4. Zero to Hero (2021)

Film Zero to hero
Film Zero to hero

Film ini mengisahkan tentang perjuangan So Wai Wai. Ia adalah atlet Paralimpiade di Hongkong. So Wai Wai berhasil memecahkan rekor dan meraih medali emas di Paralimpic game yang dimulai pada 1996.

Baca Juga:  Tips Menjadi Atlet E-Sport Pro, Simak Selengkapnya

Di tengah kondisi yang serba terbatas, So Wai Wai berusaha berjuang bersama sang ibu. Ia sendiri memiliki anemia hemolotik. Kondisi tersebut membuatnya cukup kesulitan untuk berjalan. Kondisi tersebut sempat membuatnya putus asa, termasuk ibunya.

Namun kondisi tersebut seketika berubah. So Wai Wai ternyata memiliki kemampuan untuk berlari. Hal itu menjadi awal mula dirinya bersiap menjadi seorang atlet. Tak berhenti disitu, kondisi sulit yang mereka hadapi terus berlanjut.

Mereka harus kembali berjuang menghadapi kondisi perekonomian yang ada. Hal ini semakin memperburuk keadaan. Sementara itu, So Wai Wai harus mempertahankan bakatnya menjadi seorang atlet.

5. Hustle (2022)

Hustle
Hustle

Hustle merupakan film yang dibintangi Adam Sandler. Film ini bergenre drama olahraga basket. Dalam film tersebut Adam Sandler berperan sebagai Stanley Sugerman, seorang pencari bakat dari sebuah klub di NBA.

Ia adalah pencari bakat internasional yang lama bekerja untuk klub Philadelphia 76ers dari National Basketball Association (NBA). Dalam film itu, Stanley Sugerman banyak menghabiskan waktu berkelana ke berbagai tempat untuk mencari pemain basket berbakat.
Pekerjaan itu juga mengorbankan waktu Sugerman bersama istri dan anaknya. Hingga akhirnya istri dan anak Stanley Sugermen protes karena sosoknya yang jarang di rumah.

Stanley dikirim ke Spanyol dan jauh dari keluarga. Stanley mengorbankan waktu bersama istri dan anaknya demi menelusuri Spanyol. Di sana, Stanley menemukan pemain basket jalanan yang begitu jago dalam bermain basket. Stanley mengajak pemuda tersebut untuk bertanding di NBA agar bakatnya terlihat dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA