Ukuran Arena, Barbel & Perlengkapan Angkat Besi

Pada mulanya, angkat besi bukan bagian dari sebuah pertandingan, namun salah satu atraksi pada sebuah acara sirkus. Olahraga ini secara resmi dipertandingkan pada Olimpiade 1896 di Athena, Yunani yang merupkan Olimpiade pertama.

Saat mengangkat beban, semua peserta diwajibkan melakukannya di atas podium pertandingan. Podium pertandingan ini dibatasi oleh garis yang berjarak 100 meter dari tempat peserta akan mengangkat beban.

Di sekitar podium pertandingan, disediakan kapur dan rosin yang dapat digunakan oleh setiap peserta. Kapur digunakan untuk menjaga tangan agar tetap kering dan tidak basah akibat keringat, yang dapat membuat tangan menjadi licin saat mengangkat besi.

Sementara itu, rosin digunakan untuk melapisi sepatu peserta agar tetap kasar dan tidak licin ketika mengangkat beban.

lapangan angkat besi
Lapangan angkat besi

Barbel

Perlengkapan utama yang harus ada dalam setiap pertandingan angkat besi adalah barbell. Barbell ini terdiri dari tiga bagian yang harus ada. Tiga bagian tersebut adalah:

1. Bar

Bar adalah batang besi yang akan ditempatkan dengan beban yang seimbang di kedua sisinya. Bar yang digunakan oleh peserta pria memiliki panjang sekitar 2,2 meter dan berat sekitar 20 kg. Sementara itu, untuk peserta wanita, bar yang digunakan memiliki berat 15 kg dengan panjang 2,1 meter.

2. Disc

Disc, yang juga dikenal sebagai beban, akan dipasang pada bar. Disc sering disebut juga sebagai pelat. Secara bentuk, disc memiliki kemiripan dengan kue donat, berbentuk bulat dengan lubang di tengah yang akan dimasukkan pada bar.

Disc dibuat dari bahan besi dan dilapisi karet solid pada bagian terluarnya. Hal ini dilakukan untuk melindungi disc agar tidak rusak ketika dijatuhkan oleh peserta dari atas. Warna disc bervariasi, bergantung pada berat disc tersebut:

  • Hitam: 30 kg
  • Merah: 25 kg dan 2,5 kg (ukurannya lebih kecil)
  • Biru: 20 kg dan 2 kg (ukurannya lebih kecil)
  • Kuning: 15 kg dan 1,5 kg (ukurannya lebih kecil)
  • Hijau: 10 kg dan 1 kg (ukurannya lebih kecil)
  • Putih: 5 kg dan 0,5 kg (ukurannya lebih kecil)
Baca Juga:  Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket

3. Kerah (Cincin)

Kerah atau cincin ini memiliki peran penting dalam menjaga posisi disc pada bar agar tetap stabil dan mencegahnya terjatuh ketika peserta mengangkat barbell. Setiap barbell wajib dilengkapi dengan 2 kerah yang ditempatkan pada sisi yang berbeda. Kerah atau cincin ini memiliki berat sekitar 2,5 kg.

Perlengkapan Peserta

Pakaian yang dipakai peserta harus dalam satu potongan. Maksudnya, baju dan celana yang digunakan dalam satu kesatuan (one piece). Pakaian yang peserta pakain tidak boleh berkerah dan tidak boleh menutupi bagian lutut dan siku. Peserta dibebaskan untuk memilih warna pakaian yang akan digunakan.

Pada bagian dalam pakain pertandingan, peserta diperbolehkan menggunakan kaus yang tidak memiliki kerah. Selain pakaian, peserta yang bertanding juga harus menggunakan sepatu yang tidak licin saat mengangkat beban.

Peserta juga diperbolehkan memakai sabuk atau ikat pinggang, namun harus digunakan di luar kostum. Sabuk atau ikat pinggang yang digunakan juga memilki aturan, yakni tidak boleh memiliki lebar lebih dari 12 cm.

Peserta Pertandingan

Dalam pertandingan angkat besi, peserta yang bertanding dibedakan berdasarkan usia dan berat. Secara usia, badan olahraga angkat besi internasional menetapkan 4 grup usia, yaitu:
1. Youth: Umur 13 -17 tahun
2. Junior: 15-20 tahun
3. Senior: 15 tahun keatas
4. Masters: 35 tahun keatas

Selain usia, masing-masing peserta juga dibagi kembali berdasarkan berat badan. Tercatat untuk peserta  pria usia junior, senior dan master terdapat 8 kategori berat, yaitu:
1. 56 kg                 5. 85 kg
2. 62 kg                 6. 94 kg
3. 69 kg                 7. 105 kg
4. 77 kg                 8. > 105 kg

Untuk peserta wanita usia junior, senior, dan master  terdapat 7 kategori berat, yaitu:
1. 48 kg                 5.69 kg
2. 53 kg                 6. 75 kg
3. 58 kg                 7. > 75 kg
4. 63 kg

Baca Juga:  Ini Urutan Tingkat Sabuk Judo dan Pengertiannya

Untuk peserta pria usia youth terdapat 8 kategori berat, yaitu:
1. 50 kg                 5.77 kg
2. 56 kg                 6. 85 kg
3. 62 kg                 7. 94 kg
4. 69 kg                 8. > 94 kg

Untuk pesesrta wanita usia youth terdapat 7 kategori berat, yaitu:
1. 44 kg                 5. 63 kg
2. 48 kg                 6. 69 kg
3. 53 kg                 7. > 69 kg
4. 58 kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA