Trik Bola Basket: 6 Gerakan Penting yang Wajib Dipelajari Setiap Pemain

Basketball adalah cabang olaraha yang mengutamakan keterampilan - dari segi mental hingga fisik. Simak daftar 6 keahlian puncak yang seharusnya kamu asah untuk bermain di level teratasmu.

Jika Anda sedang belajar bermain bola basket, mengasah keterampilan dribbling, menembak, dan passing sangat penting jika Anda ingin menjadi pemain hebat. Dribbling bisa dikatakan sebagai aspek terpenting dari olahraga ini dan salah satu Trik Bola Basket yang wajib Anda kuasai.

Setiap pemain pasti harus memulai dari suatu tempat, jadi lanjutkan membaca untuk mempelajari beberapa trik fantastis agar permainan Anda semakin meningkat.

Pentingnya Dribbling

Dribbling memiliki peran penting baik dalam serangan maupun pertahanan. Pada posisi serangan, dribbling digunakan untuk membebaskan diri dari area yang ramai dan membawa bola ke mendekati ring lawan.

Dribbling dalam pertahanan bisa menjadi taktik efektif untuk menghentikan tekanan lawan. Anda perlu menguwasai dribbling dengan kedua tangan agar dapat bergerak bebas ke arah manapun dan membuat sulit bagi pemain bertahan untuk menjaga Anda. Selama sesi latihan, berlatihlah dribbling dengan tangan yang lemah Anda.

Crossover

Salah satu gerakan dribel pertama yang perlu pemain latih ketika mereka mulai belajar trik bola basket adalah crossover dribble. Ini juga salah satu gerakan bola basket yang paling mudah dilakukan oleh pemain, tetapi jangan tertipu oleh kesederhanaannya-pemain di semua tingkatan menggunakan crossover untuk melibas melewati lawan.

Crossover  dilakukan dengan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain di depan Anda. Gerakan ini umumnya digunakan ketika Anda ingin mengubah arah dan tidak sedang dijaga ketat oleh pemain bertahan yang bisa merebut bola dari Anda.

 In-and-out

Gerakan bola basket yang bagus untuk pemain yang sedang belajar permainan adalah in-and-out dribble. Ini adalah gerakan yang dirancang untuk membuat pemain bertahan mengira Anda akan melakukan crossover standar. Anda dapat membuat pemain bertahan beralih berat tubuh ke kaki yang sala untuk membuka jalur serangan.

Baca Juga:  Apa Arti Kartu Kuning dalam Sepak Bola?

Sambil memantulkan bola dengan satu tangan, Anda menggunakan gerakan kepala dan bahu yang palsu untuk membuatnya terlihat seolah-olah Anda akan bergerak ke arah lain. Anda memindahkan bola ke dalam dan kemudian ke luar dengan mengubah posisi tangan Anda di atas bola, dan kemudian maju ke arah yang sama.

Melalui Kaki

Dribel melalui kaki mirip dengan crossover dalam hal memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain, namun Anda melintasikan bola di antara kaki Anda. Ketika bola melewati antara kaki, kaki depan membuatnya sulit bagi lawan untuk mencapainya.

Ini juga menjaga bola lebih jauh dari pertahanan. Pemain muda mungkin menganggap gerakan ini sulit karena melibatkan koordinasi dan timing. Namun, ketika Anda belajar untuk tetap rendah dan meledak keluar dari gerakan ini, ini bisa menjadi salah satu trik bola basket yang paling efektif.

Behind the Back

Seperti gerakan melalui kaki, dribel di belakang punggung memungkinkan Anda untuk melewati bola basket dari satu tangan ke tangan yang lain sambil melindunginya dari pemain lawan. Saat Anda melewatkan bola di belakang Anda, seluruh tubuh Anda melindunginya.

Salah satu keuntungan terbesar dari gerakan bola basket ini adalah Anda dapat melemparkan bola ke depan tangan yang berlawanan, memungkinkan serangan ofensif yang cepat.

Ketika Anda sedang melakukan serangan cepat dan pemain bertahan melompat untuk mengambil bola, menggunakan dribel di belakang punggung membantu Anda melindungi bola dan melarikan diri dari lawan tanpa menghentikan langkah Anda.

Hesitation dribble

Hesitation dribble  adalah gerakan lurus yang sering digunakan untuk melewati pemain bertahan, memberi Anda kesempatan untuk mencetak angka atau memungkinkan rekan satu tim untuk melakukan tembakan.

Baca Juga:  Sejarah Euro 2024 & Peristiwa Bersejarah Selama 64 Tahun

Tujuan dari gerakan dribel ini adalah membuat lawan berpikir Anda akan berhenti — dan kemudian Anda melesat melewati mereka. Ketika Anda sedang dengan cepat membawa bola ke bawah lapangan, Anda melambat untuk sekejap, sedikit menaikkan tubuh Anda, dan melihat ke keranjang atau rekan satu tim seolah-olah Anda akan melakukan tembakan atau melempar bola.

Untuk tetap berada dalam posisi pertahanan yang baik, pemain bertahan akan melambat dan, saat mereka kehilangan momentum, Anda mendorong dengan kaki belakang Anda dan bergerak melewati mereka.

Gerakan Berputar

Salah satu trik bola basket yang paling sulit untuk dipelajari adalah gerakan putar, tetapi penting bagi Anda untuk memiliki keterampilan dribel ini dalam repertoar Anda. Ketika Anda mengusai gerakan ini, ini menjadi senjata yang cepat dan efektif untuk digunakan melawan lawan Anda.

Untuk gerakan putar, Anda menanamkan kaki bagian dalam dan memutar badan searah jarum jam di sekitar pemain bertahan sambil membawa bola bersama Anda dan melindunginya dengan tubuh Anda.

Anda harus memastikan tangan Anda tetap di atas bola, karena jika tangan Anda berada di bawah, Anda mungkin dihentikan karena pelanggaran membawa bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

BERITA TERBARU