Peraturan 5 Detik dalam Permainan Bola Basket Adalah ….

Salah satu contoh violation dalam permainan bola basket adalah 5 seconds violation.

Peraturan 5 detik dalam permainan bola basket adalah ketika pemain melakukan lemparan bola basket dan menerimanya dalam permainan tersebut.

Sebelum kita mengupas lebih lanjut mengenai apa yang disebut sebagai “5 seconds violation” dalam bola basket, ada beberapa peraturan menarik mengenai aturan 5 detik dalam olahraga ini.

Dalam permainan bola basket, terdapat ketentuan yang mengatur seorang pemain tidak diperkenankan terlalu lama menahan atau memegang bola tanpa melakukan aksi lebih lanjut dalam waktu 5 detik.

Peraturan 5 Detik dalam Permainan Bola Basket adalah momen krusial ketika seorang pemain yang hendak melakukan lemparan ke dalam atau terlibat dalam permainan. Dengan kata lain, seorang atlet bola basket hanya diberi batas waktu 5 detik untuk memegang bola sebelum harus melakukan tindakan lanjutan seperti menembak, mengumpan, atau memantulkan bola (dribble).

Jika seorang pemain melanggar aturan ini maka pelanggaran 5 seconds violation dianggap terjadi. Konsekuensi dari pelanggaran ini adalah bola basket akan langsung diserahkan kepada lawan melalui proses throw-in atau lemparan ke dalam.

Peraturan Waktu dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa peraturan waktu yang penting untuk diikuti demi kelancaran dan keadilan permainan. Berikut adalah rincian peraturan waktu tersebut:

Peraturan 3 Detik

Pemain yang menguasai bola tidak diperbolehkan berdiri di dalam daerah bersyarat lebih dari tiga detik.

Peraturan 5 Detik

Saat lemparan ke dalam, setelah pemain menguasai bola, mereka diharuskan melempar atau mengoper bola dalam waktu maksimal 5 detik.

Peraturan 10 Detik

Sebuah regu tidak diizinkan memainkan bola lebih dari 10 detik di dalam daerahnya sendiri, mengharuskan mereka untuk mengarahkan bola keluar dari area tersebut.

Peraturan 24 Detik

Setiap tim memiliki waktu 24 detik untuk melakukan serangan dan melakukan upaya penembakan ke arah ring.

Baca Juga:  Sejarah Aturan Offside dalam Sepak Bola

Peraturan 30 Detik

Tim yang menguasai bola harus melakukan tembakan dalam waktu 30 detik setelah menguasai bola, mendorong permainan yang efisien dan dinamis.

Peraturan Waktu 1 Menit (Timeout)

Setiap tim diberikan hak untuk melakukan timeout selama 1 menit. Timeout dapat diminta satu kali pada babak 1-3 dan dua kali pada babak ke-4. Hal ini memberikan peluang bagi tim untuk strategi, evaluasi, atau istirahat sejenak dalam pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA