Piala Dunia U-17 2023: Timnas Ingin Buat Lawan Gugup Saat Laga

Meskipun pengalaman pemain Ekuador, Panama, dan Maroko lebih baik dari tim Indonesia, Iqbal yakin bahwa dampak tekanan dari suporter akan sangat berpengaruh pada tim lawan yang rata-rata baru berusia 17 tahun.

Piala Dunia U-17 akan segera berlangsung. Persiapan jelang laga telah dilakukan timnas U-17 Indonesia. Laga perdana akan digelar di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Jumat, 10 November 2023.

Sebelumnya, skuad Garuda telah menjalani pemusatan latihan di Jerman. Selama pemusatan latihan, timnas U-17 melakoni tujuh laga uji coba dengan tujuh klub berbeda. Dari hasil tersebut, Muhammad Iqbal Gwijangge dan timnya berhasil meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan empat kali kekalahan.

Skuad Garuda Muda memulai rangkaian uji coba dengan kekalahan dari TSV Meerbusch U-17 dengan skor 0-1. Namun, tim tersebut berhasil meraih dua kemenangan beruntun dengan mengalahkan SC Paderborn Youth U-17 (1-0) dan VFL Osnabruerck U-19 (2-1). Setelah itu, mereka menelan dua kekalahan dari Eintracht Frankfurt U-19 (0-3) dan Mainz U-19 (0-3), serta satu hasil imbang dalam pertandingan melawan SV Meppen (1-1).

Selain latihan di Jerman, timnas U-17 juga melanjutkan latihan di Jakarta dan Surabaya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tim agar siap menghadapi laga perdananya di ajang bergengsi tingkat dunia, yakni Piala Dunia U-17.

Untuk mematangkan persiapan sebelum bertanding pada 10 November 2023, tim yang terdiri dari 21 pemain harus menjalani latihan di malam hari. Hal ini dipilih karena laga yang melibatkan timnas dengan tim lain yang tergabung dalam Grup A akan dilangsungkan pada malam hari.

“Bersyukur saat ini perkembangan tim semakin baik. Hanya dalam seminggu setelah kembali dari Jerman, para pemain sudah beradaptasi dengan cuaca yang ada di sini dengan baik. Kami terus melatih dan meningkatkan kemampuan pemain,” kata Bima Sakti seperti dilansir melalui laman PSSI.

Pada Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, timnas U-17 Indonesia akan berada dalam Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Timnas Indonesia akan memulai laga perdana Piala Dunia U-17 melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Jumat, 10 November 2023, disusul Panama tiga hari kemudian, dan Maroko pada 16 November 2023.

Baca Juga:  Daftar Juara Piala Asia Sepanjang Masa (1956-2023)

Muhammad Iqbal Gwijangge berharap dapat membuat ketiga lawan timnas Garuda Muda di Grup A Piala Dunia U-17 merasa gugup saat bertanding melawan mereka. Oleh karena itu, Iqbal mengajak para suporter untuk memenuhi stadion Gelora Bung Tomo ketika tim Indonesia bermain.

“Kami bermain di tanah air kami sendiri, dan saya berharap semua orang dapat datang ke stadion penuh karena itu akan memberikan tekanan bagi lawan dan membuat atmosfer stadion semarak,” ujar Iqbal.

Meskipun pengalaman pemain Ekuador, Panama, dan Maroko lebih baik dari tim Indonesia, Iqbal yakin bahwa dampak tekanan dari suporter akan sangat berpengaruh pada tim lawan yang rata-rata baru berusia 17 tahun.

“Mungkin itu akan memberikan efek, karena pertandingan akan berjalan dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu, saya meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia yang hadir di stadion atau menonton di rumah,” tambah Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA