Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Siap Hadapi Jepang

Di Piala Asia, Jepang juga menjadi tim yang paling banyak meraih gelar. Mereka telah menjadi juara sebanyak empat kali pada tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Timnas Indonesia siap menghadapi pertandingan terakhir di babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 melawan tim kuat Jepang di Doha Qatar hari ini, Rabu, pukul 18.30 WIB.

Dari dua pertandingan sebelumnya, Indonesia berhasil meraih kemenangan melawan Vietnam dalam pertandingan kedua. Namun, hasil pertandingan pembuka melawan Irak tidak begitu positif.

Dengan tiga poin yang sudah didapatkan, Indonesia masih belum bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia secara statistik.

Timnas Indonesia harus memenangkan pertandingan atau setidaknya bermain imbang melawan Jepang jika ingin lolos dengan aman ke babak gugur. Namun, jika kalah dari Jepang, Indonesia masih memiliki peluang lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik, tergantung pada hasil pertandingan tim lain.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap timnya dapat tampil baik menghadapi Jepang dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1).

Shin Tae-yong tidak dapat menyangkal bahwa Jepang merupakan tim terbaik di Asia saat ini. Menurut peringkat FIFA Desember 2023, Jepang menduduki peringkat 17, yang merupakan peringkat tertinggi di antara negara-negara Asia.

Jepang juga merupakan tim yang rutin tampil di Piala Dunia sejak tahun 1998 dengan keikutsertaan dalam tujuh edisi terakhir (1998, 2002, 2006, 2010, 2014, 2018, 2022).

Di Piala Asia, Jepang juga menjadi tim yang paling banyak meraih gelar. Mereka telah menjadi juara sebanyak empat kali pada tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Indonesia Siap Hadapi Jepang

Meski demikian, Shin Tae-yong berharap para pemain Timnas Indonesia tidak merasa kalah dengan itu. Melalui pertandingan melawan Jepang, Shin Tae-yong ingin membuktikan bahwa sepak bola Indonesia telah mengalami perkembangan yang positif.

Baca Juga:  Daftar Skuad Equatorial Guinea di Piala Afrika 2024 & Asal Klub

“Jepang memang tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin pertandingan ini akan sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang baik. Kami telah melakukan persiapan yang baik dan saya ingin menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia telah berkembang dengan baik,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami memiliki banyak skenario untuk melaju ke babak 16 besar. Namun, saya hanya fokus pada pertandingan melawan Jepang, persiapan teknis, dan detail lainnya. Saya tidak peduli dengan hasil tim lain,” tambahnya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri. Pemain yang berasal dari Dewa United FC ini tidak sabar untuk bermain melawan salah satu tim terbaik di Asia, yang diperkuat oleh pemain-pemain bintang seperti Takefusa Kubo, Wataru Endo, dan Kaoru Mitoma.

“Jepang adalah salah satu tim terbaik di Asia. Kami, sebagai timnas Indonesia, juga telah menunjukkan perkembangan yang baik. Sebagai pemain, kami siap. Kami ingin menunjukkan penampilan terbaik kami. Kami tidak sabar untuk bermain melawan salah satu tim terbaik di Asia,” ujar Egy.

“Kami sangat menantikan pertandingan melawan Jepang. Semua pemain sudah sangat bersemangat menghadapinya. Kemenangan melawan Vietnam dalam pertandingan sebelumnya adalah langkah penting bagi kami. Karena itu, semua pemain siap untuk bermain besok,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA