Piala Afrika 2024: Senegal vs Gambia 15 Januari

Senegal datang ke kompetisi tahun ini sebagai kandidat utama untuk meraih prestasi tersebut.

Senegal vs Gambia 15 Januari. Sejak Mesir memenangkan gelar ketiga berturut-turut pada tahun 2010, belum ada tim yang berhasil mempertahankan trofi AFCON. Hanya tiga negara dalam sejarah kompetisi ini yang berhasil mempertahankan gelar AFCON, yaitu Mesir (1957, 1959; 2006, 2008, 2010), Ghana (1963, 1965), dan Kamerun (2000, 2002).

Meskipun Senegal memulai kompetisi benua tahun 2021 dengan langkah awal yang lambat, termasuk hanya mencetak satu gol dan bermain dua kali imbang tanpa gol di babak grup, mereka berhasil mengubah predikat sebagai tim yang kurang mencapai ekspektasi dengan memenangkan turnamen atas Mesir.

The Lions of Teranga semakin mengukuhkan kekuatan mereka dengan memiliki tim bintang yang terdiri dari pemain-pemain seperti Nicolas Jackson, Serge Aurier, Kalidou Koulibaly, dan pemain dua kali Pemain Terbaik Afrika, Sadio Mane.

Meskipun mengalami perubahan signifikan dalam beberapa bulan terakhir, tim yang diasuh oleh Aliou Cisse memasuki turnamen dalam kondisi prima, memenangkan enam dari sepuluh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi dan hanya menderita satu kekalahan dalam kurun waktu tersebut.

Kedua tim terakhir bertemu dalam Piala Negara Afrika pada tahun 2015, dimana Senegal keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0, dan hasil itu membuat mereka mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka melawan Gambia sejak tahun 2008.

Gambia akan memulai turnamen sebagai tim yang dianggap paling tidak diunggulkan dan menempati peringkat terendah di Grup C, saat ini berada di posisi 29 dari 53 negara sepak bola Afrika menurut Peringkat Dunia FIFA.

Tim dari Afrika Barat ini akan membuat penampilan keduanya di AFCON dan masih menyimpan kenangan manis dari turnamen debut mereka, ketika mereka mencetak kemenangan mengejutkan atas kekuatan besar Afrika, Tunisia, dalam perjalanan mereka ke perempat final.

Baca Juga:  10 Pemain Bintang di Piala Afrika 2024 yang Patut di Waspadai

Namun, performa kurang memuaskan dari Scorpions dalam persiapan menuju kompetisi ini, dengan kekalahan melawan Burundi dan Pantai Gading dalam kampanye kualifikasi Piala Dunia 2026 mereka pada akhir tahun lalu.

Selain itu, perjalanan mereka ke Pantai Gading untuk kompetisi ini tidak berjalan lancar karena penerbangan mereka terpaksa berbalik arah segera setelah lepas landas akibat kekurangan oksigen di pesawat, yang beberapa pemain gambarkan sebagai pengalaman mendekati kematian.

Meskipun begitu, tim yang dibimbing oleh Tom Saintfiet hadir dan siap untuk menjadi penantang kuat lagi tahun ini. Kami berharap mereka akan menghadapi pertandingan ini tanpa rasa takut dan beban, yang pada akhirnya bisa menjadi keuntungan bagi mereka.

Berita Tim

Pada tahap akhir persiapan Piala Afrika 2022, timnas Senegal mengalami perubahan mengejutkan dengan penarikan diri Boulaye Dia dan Seny Dieng sebagai penjaga gawang. Penggantinya, Bamba Dieng dari Lorient dan Alfred Gomis, siap memberikan kontribusi maksimal.

Pape Matar Sarr dari Tottenham Hotspur, yang awalnya diragukan karena cedera yang membuatnya meninggalkan lapangan dalam pertandingan melawan Bournemouth, kini dinyatakan pulih dan diprediksi akan tampil di posisi gelandang bertahan.

Keberadaan kapten tim, Sadio Mane, diharapkan menjadi kunci utama dalam memimpin lini serang, sedangkan dua rekan mantan Chelsea, Edouard Mendy dan Koulibaly, diandalkan sebagai tulang punggung pertahanan untuk The Lions of Teranga.

Gambia, yang mengalami insiden penerbangan, dapat bernafas lega karena tidak ada dampak berkepanjangan pada pemain atau staf. Pelatih Saintfiet kini dapat memanfaatkan skuat penuh untuk pertandingan pembukaan turnamen.

Semua mata tertuju pada Yankuba Minteh, remaja yang menjadi sorotan dalam kompetisi ini. Pemain depan berbakat tersebut, yang bergabung dengan Newcastle United musim panas lalu dan dipinjamkan ke Feyenoord, telah menunjukkan performa impresif dengan mencetak tiga gol dan memberikan dua assist dalam 12 penampilan liga. Tidak hanya itu, dia juga meraih gol pertamanya di Liga Champions musim ini.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Manchester United di Semua Kompetisi Musim 2023/2024

Dengan segala perubahan dan potensi bintang muda, skuat Senegal tampil sebagai tim yang siap memberikan kejutan di Piala Afrika 2022. Selain pertandingan penuh ketegangan, para penggemar sepak bola dapat menantikan penampilan mengesankan dari para pemain tersebut.

Susunan Pemain Senegal vs Gambia

Lineup Senegal
Mendy; Koulibaly, Niakhate, Jakobs; Gueye, Kouyate, P Sarr, Diatta; I Sarr, Jackson, Mane

Lineup Gambia
Jobe; Sanneh, Colley, Janko, Mendi; Adams, Marreh, Ngum, Fadera, Barrow; Minteh

h2h Senegal vs Gambia

Tanggal Pertandingan Skor Kompetisi
30 Mar 2003 Gambia vs Senegal 0-0 Africa Cup of Nations
07 Jun 2003 Senegal vs Gambia 3-1 Africa Cup of Nations
08 Jun 2008 Gambia vs Senegal 0-0 FIFA World Cup
11 Oct 2008 Senegal vs Gambia 1-1 FIFA World Cup
20 Jun 2015 Senegal vs Gambia 3-1 African Nations Championship
04 Jul 2015 Gambia vs Senegal 0-1 African Nations Championship

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA