Moto2 Qatar 2023: Diwarnai Red Flag, Joe Rober Raih Posisi Pole

Joe Roberts raih posisi pole lewat catatan waktu 1 menit 57,305 detik. Barisan rival berupaya mematahkan waktunya, tapi masalah teknis yang dialami Alex Escrig membuat Marshal kibarkan bendera merah.

Joe Roberts raih posisi pole. Roberts berhasil tampil memukau di kualifikasi kedua Moto2 Qatar 2023. Pembalap Amerika Serikat itu berhasil mematahkan rekor lap baru dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Intenasional Lusail pada Sabtu 18 November 2023.

Aksi pembalap Italtrans Racing Team mampu mengantarkannya rebut posisi pole pada sesi kualifikasi. Ini merupakan start terdepan pertama sejak kali terakhir melakukannya di GP Prancis 2020 lalu.

Saat babak kualifikasi pertama berjalan, Celestino Vietti cukup mencuri perhatian. Pembalap muda Italia itu tiga kali secara beruntun mencetak rekor lap. Ia akhirnya memuncaki timesheet dengan catatan waktu 1 menit 57,568 detik. Celestino Vietti mematahkan waktu lap tercepat yang sebelumnya dipegang Fermin Aldeguer saat Practice 3.

Lolos ke kualifikasi kedua, Vietti ditemani tiga pembalap yang menembus empat teratas, yaitu Filip Salac, peraih podium GP Malaysia akhir pekan lalu, Marcos Ramirez dan Alonso Lopez yang mengalahkan Jeremy Alcoba.

Raih Posisi Pole

Kinerja gemilang Vietti berlanjut dalam kualifikasi kedua. Dalam sesi itu, Vietti berhasil menorehkan catatan waktu 1 menit 57,713 detik. Ia berhasil naik ke posisi puncak menggeser Aron Canet dan Fermin Aldeguer. Tak puas dengan itu, Vietti memperbaiki lap time menjadi 1 menit 57,312 detik. Meski demikian, pencapaiannya itu mampu dipecahkan Joe Roberts.

Awalnya tak ada yang menduga pembalap Italtrans Racing Team itu bakal keluar sebagai pembalap tercepat. Tetapi dari urutan keempat, Roberts mampu mengklaim posisi pertama lewat catatan waktu 1 menit 57,305 detik. Barisan rival berupaya mematahkan waktunya, tapi masalah teknis yang dialami Alex Escrig membuat Marshal kibarkan bendera merah.

Race Direction memutuskan kualifikasi kedua tak dilanjutkan. Joe Roberts raih posisi pole, dengan Vietti start kedua, disusul Canet dalam baris depan. Aldeguer mengisi posisi keempat, dilanjutkan Sam Lowes dan Jake Dixon untuk enam besar. Sementara Juara Dunia Moto2 2023, Pedro Acosta hanya menempati urutan ketujuh.

Baca Juga:  Aldeguer dan Espargaro Masuk Daftar Honda untuk Musim 2024

Menghuni grid kedelapan adalah Marcos Ramirez. Ia menghuni posisi tersebut di depan Manuel Gonzalez dan Lopez. Adapun, runner-up musim ini, Tony Arbolino akan memulai perlombaan dari start ke-11, unggul atas duo Idemitsu Honda Team Asia, Ai Ogura dan Somkiat Chantra.

Daftar 10 Besar Hasil Kualifikasi Moto2 Qatar 2023:

1 JOE ROBERTS (ITALTRANS RACING TEAM) 1:57.305
2 Celestino Vietti (FANTIC MOTOR) +0.007
3 Arón Canet (Pons Wegow Los40) +0.028
4 Fermin Aldeguer (Speed Up Racing) +0.127
5 Sam Lowes (ELF Marc VDS Racing Team) +0.436
6 Jake Dixon (GASGAS Aspar Team) +0.499
7 Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) +0.541
8 Marcos Ramirez (American Racing) +0.644
9 Manuel González (Yamaha VR46 Master Camp Team) +0.728
10 Alonso Lopez (Speed Up Racing) +0.787

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA