Kenapa Jersey Kiper Beda dari yang Lain? Ini Alasannya

Dari 11 pemain yang membentuk suatu kesebelasan, hanya jersey kiper yang berbeda. Kenapa begitu?

Sepak bola bukan hanya sekadar permainan dengan 22 pemain yang berlari-lari di lapangan, tetapi juga sebuah tontonan visual yang memikat. Salah satu elemen yang membuat sepak bola begitu ikonik adalah jersey yang dikenakan oleh setiap pemain. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa jersey kiper begitu berbeda dari yang lain?

Menurut aturan resmi FIFA, kiper harus memakai warna jersey yang berbeda dengan rekan satu timnya dan pemain lapangan lainnya. Hal ini bukanlah semata-mata masalah gaya atau mode, melainkan suatu kebijakan yang bertujuan untuk memudahkan identifikasi kiper di lapangan.

Aturan ini menjadi krusial terutama dalam situasi bola mati, seperti tendangan sudut atau serangan balik di area penalti. Dengan warna jersey yang berbeda, wasit dapat dengan mudah membedakan kiper dari pemain lain, menghindari kebingungan dan potensi kesalahan dalam penilaian, terutama terkait dengan handball ilegal.

Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang diizinkan untuk menyentuh bola dengan tangan, dan inilah mengapa identifikasi yang jelas sangat penting. Perbedaan warna jersey menjadi suatu bentuk kode visual yang membantu wasit menjaga kontrol atas jalannya pertandingan.

Ini tiga faktor utama yang menyebabkan warna jersey kiper berbeda:

1. Faktor Pembedaan Warna

Salah satu tujuannya untuk memudahkan wasit dalam mengamati situasi dalam kotak penalti, terutama saat terjadi kekacauan atau banyak pemain berkumpul.

Dengan warna yang berbeda, wasit dapat dengan lebih tepat mengidentifikasi penjaga gawang dan pemain lain, mengurangi risiko kesalahan dalam memutuskan pelanggaran atau tindakan tertentu.

2. Keamanan Pemain

Kostum seorang penjaga gawang dibuat bahan dan lapisan tambahan yang melindungi mereka. Lapisan tambahan pada bagian dada, siku, dan bahu bertujuan memberikan perlindungan ekstra saat penjaga gawang bermanuver untuk mengamankan bola.

Baca Juga:  Arti Logo Bali United: Serdadu Tridatu yang Kaya Akan Sentuhan Hindu

3. Visibilitas

Warna yang mencolok dan berbeda memudahkan penyerang untuk melihat dan menargetkan gawang saat menendang. Bahkan beberapa penjaga gawang profesional cenderung memilih kostum berwarna cerah untuk meningkatkan visibilitas mereka di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

ADS BY ADSTERRA