Begini Cara Hitung Rangking Futsal Dunia

Rumus untuk peringkat futsal putra dan putri menggunakan algoritma khusus.

Pembulatan total poin negatif akan menyebabkan sejumlah besar tim memiliki 0 poin dan ditempatkan di bagian bawah tabel peringkat, namun. Untuk menghindari efek ini, dan mempertimbangkan bahwa beberapa tim futsal tidak bermain setiap tahun, beberapa kondisi tambahan digunakan ketika perhitungan peringkat dimulai:

  • Selama dua tahun pertama perhitungan, yaitu dari Agustus 2015 hingga Juli 2017, tim yang bermain untuk pertama kalinya memulai dengan 1000 poin.
  • Selama periode dua tahun ini, total poin di bawah 1000 poin dibulatkan menjadi 1000 poin.
  • Mulai dari Agustus 2017, tim baru memulai dengan total poin dari tim peringkat terendah dalam peringkat terakhir yang tersedia. Sampai tahun 2023, total poin terendah didasarkan pada peringkat sementara pada akhir tahun yang bersangkutan. Mulai tahun 2024, tabel peringkat terakhir yang dipublikasikan digunakan.

Tiga ketentuan ini memastikan bahwa tim yang bermain setidaknya satu pertandingan selama beberapa tahun pertama akan memulai dalam situasi yang serupa.

Namun, semakin lambat sebuah tim memasuki futsal internasional, semakin rendah total poin awalnya, namun, karena rumus perhitungan yang digunakan, sebuah tim dengan total poin rendah akan memenangkan banyak poin jika menang melawan tim yang lebih baik ditempatkan dan dengan demikian akan naik dalam tabel peringkat dengan cukup cepat.

Pertandingan yang Digunakan untuk Perhitungan

Masalah lain yang perlu diperhatikan saat mengembangkan sistem peringkat futsal adalah pertandingan mana yang digunakan dan bagaimana cara memberikan bobot sesuai dengan pentingnya.

Semua pertandingan internasional tim futsal dipertimbangkan tanpa memandang apakah mereka pertandingan persahabatan atau dimainkan dalam kerangka kompetisi. Namun, pertandingan yang dimainkan dalam kerangka kompetisi internasional memiliki nilai “I” yang lebih tinggi.

Penting juga untuk dicatat bahwa hanya kejuaraan konfederasi dan Piala Dunia yang diklasifikasikan sebagai “kompetisi” sementara turnamen regional yang lebih kecil telah diklasifikasikan sebagai pertandingan persahabatan.

Baca Juga:  Manchester City Tutup Musim 2023 dengan Meraih Kemenagan Pertama di Piala Dunia Antarklub

Analisis data tentang pertandingan futsal menunjukkan bahwa dalam futsal putra jumlah tim dan pertandingan cukup rendah sampai awal tahun 2000-an. Aktivitas bermain mulai meningkat dari tahun 2007.

Dalam futsal putri, prosesnya dimulai jauh lebih lambat: Tahun pertama yang tercatat di mana lebih dari 100 pertandingan dimainkan adalah 2017. Baik dalam futsal putri maupun putra, jumlah tim dan pertandingan yang aktif jauh di bawah jumlah yang sesuai dalam sepak bola, tetapi jumlahnya secara perlahan meningkat.

Memulai perhitungan peringkat futsal pada tahap awal akan memberikan keunggulan yang cukup bagi tim yang telah bermain dengan sukses untuk waktu yang lama dibandingkan dengan tim yang baru terlibat dalam futsal. Oleh karena itu, diputuskan untuk memulai perhitungan kedua peringkat dari 01 Agustus 2015.

Untuk peringkat putra ini berarti bahwa itu termasuk dua siklus Piala Dunia penuh (2016 dan 2021, termasuk babak kualifikasi) serta babak final kejuaraan CONMEBOL 2015. Dalam futsal putri, Piala Dunia pertama akan dimainkan pada tahun 2025.

Namun, memulai peringkat futsal putri pada bulan Agustus 2015 memastikan bahwa babak final kejuaraan AFC dan CONMEBOL 2015 juga dipertimbangkan. Tanggal pemotongan untuk peringkat adalah 30 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU